Advertisement

Sri Sultan Ciptakan Tarian Bedhaya

Sunartono
Senin, 08 Maret 2021 - 16:27 WIB
Bhekti Suryani
Sri Sultan Ciptakan Tarian Bedhaya Sri Sultan Hamengku Buwono X. - Harian Jogja/Desi SUryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Parwabudaya Kraton Ngayogyakarta GKR Mangkubumi mengungkap Sri Sultan HB X menciptakan tarian bedhaya yang sedianya akan dipentaskan dalam Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X yang ke-32 tahun pada Minggu (7/3/2021). Tetapi tarian tersebut belum bisa dipentaskan karena masih dalam situasi pandemi Covid-19.

GKR Mangkubumi mengatakan Sri Sultan HB X sebenarnya telah menciptakan sebuah tarian, berupa tari Bedhaya. Namun karena belum dipentaskan, tarian tersebut masih dirahasiakan konsep alur cerita hingga namanya.

Advertisement

"Tentunya tarian Bedhaya, karena tarian yang diciptakan beliau biasanya kan Bedhaya, cuma untuk nama, bentuk tarian masih rahasia, belum bisa disampaikan," kata GKR Mangkubumi di sela-sela Serasehan Jumenengan Dalem Sri Sultan HB X di Pendapa Agung, Royal Ambarrukmo, Minggu (7/3/2021) malam.

BACA JUGA: Gibran Ikut Diserang Warganet Soal Drama Kaesang: Tolong Adiknya Diajari Cari Calon Bojo

Gusti Mangkubumi mengakui, tarian ciptaan HB X tersebut sejatinya akan dipentaskan pada saat peringatan Jumenengan Dalem HB X tepatnya pada 7 Maret 2021. Tetapi karena situasi masih pandemi, sehingga belum bisa dipentaskan.

"Seharusnya memang dipentaskan malam ini tetapi karena masih pandemi, ya situasi masih seperti ini [ada pembatasan kegiatan], jadi menunggu waktu sampai diperbolehkan, tetapi belum tahu kapan," katanya.

Ia sedikit membeberkan tentang tarian bedhaya tersebut yang seperti bedhaya pada umumnya ditampilkan sembilan orang penari. Hanya saja cerita dan alurnya berbeda. "Kalau bedhaya sembilan orang yang memainkan, setiap [yang menciptakan beda-beda], kalau tarian bedhaya hampir sama, tetapi cerita dan alurnya itu kan berbeda. Ada momentum yang itu beliau [Raja Kraton Ngayogyakarta] menciptakan tarian," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement