Strain Virus Corona B117 Muncul di Indonesia, Pakar Ingatkan Ancaman Gelombang Kedua

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Ari Fahrial Syam/fk.ui.ac.id
02 Maret 2021 21:17 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tepat 1 tahun kasus Covid-19 muncul di Indonesia, virus mutant B117 yang berasal dari Inggris sudah ditemukan di Indonesia.

Temuan ini, menurut Dekan FKUI Ari Fahrial Syam harus diwaspadai adanya risiko gelombang kedua di tanah air.

Padahal, sebelumnya, Wamenkes hari ini 2/3/21 perkembangan jumlah kasus baru terkonfirmasi jumlah penambahan kasus Covid-19 sudah menurun.

"Indonesia akan menyelesaikan first wavenya, tentu saya berharap memang Indonesia tidak mengalami second wave," ujarnya.

Dia mengatakan program vaksinasi Covid-19 nasional memang harus. dipercepat. Disisi lain mengingat strain B117 sudah ditemukan pemerintah harus memberikan perhatian penuh.

Caranya, katanya, dimana pintu-pintu masuk ke Indonesia tetap harus dijaga ketat untuk menskrining adanya WNI atau WNA yang masuk Indonesia dengan membawa virus strain B117 ini.

Dia memaparkan virus SARS-CoV-2 strain B117 ini diketahui mempunyai penularan yang cepat dan juga menyerang usia muda walau virulensi atau keganasan masih menjadi pertanyaan.

Oleh karena itu masyarakat jangan lengah dan tetap melaksanakan 3M. Kalau memang penyebaran strain tidak terkendali bisa saja akan terjadi second wave di Indonesia.

Sumber : Bisnis.com