Advertisement

PLN dan Pelindo Bersinergi Sambung Listrik Shore Connection di Pelabuhan

Media Digital
Selasa, 02 Maret 2021 - 19:17 WIB
Bhekti Suryani
PLN dan Pelindo Bersinergi Sambung Listrik Shore Connection di Pelabuhan Kerja sama PLN dengan PT Pelindo III Regional Jawa Tengah/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG– PLN melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Pelindo III Regional Jawa Tengah untuk penyediaan tenaga listrik pelabuhan pada Selasa, (3/2/2021). Dalam kesempatan ini disepakati penyambungan listrik sebesar 8.660 kVA untuk shore connection pelabuhan di Semarang dengan layanan Premium Silver.

Acara penandatanganan ini dihadiri oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Feby Joko Priharto, Direktur Teknik PT Pelindo III, Boy Robiyanto, CEO PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Ali Sodikin, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Donny Adriansyah, Manager PLN UP3 Tegal, Moses Allo, dan Manager PLN UP3 Cilacap, Ahmad Mustaqir.

Advertisement

“Pelabuhan milik PT Pelindo III yang mendapatkan layanan prioritas premium antara lain Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang. Selain itu PLN juga memberikan sambungan listrik kepada Pelabuhan Tegal dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap,” ujar Feby dalam sambutannya.

Shore connection adalah jaringan listrik yang dipasang di dermaga untuk dipergunakan oleh kapal yang bersandar di pelabuhan. Fasilitas ini digunakan untuk menggantikan sumber energi kapal selama bersandar yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak.

Sinergi ini sejalan dengan salah satu tata nilai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni ‘Kolaboratif’. Sebagai perusahaan plat merah, PLN dan Pelindo III membangun kerjasama yang sinergis melalui program shore connection pelabuhan.

Sementara itu Ali Sodikin dalam sambutannya mengungkapkan keuntungan menggunakan listrik PLN ketimbang bahan bakar solar.

“Kolaborasi dengan PLN melalui program shore connection ini sangat luar biasa, selain dari sisi penghasilan yang meningkat, juga membantu mengurangi biaya logistik. Kalau menggunakan listrik PLN bisa lebih efisien dan terjangkau maintenancenya,” ungkapnya.

Diharapkan dengan hadirnya layanan prioritas dari PLN dapat meningkatkan pelayanan Pelindo III kepada masyarakat dan berdampak signifikan untuk Provinsi Jawa Tengah melalui pasokan listrik yang handal dan terjamin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkot Siap Wujudkan Satu Kampung Satu Perawat

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement