Sah, Menantu Jokowi Bobby Nasution Jadi Wali Kota Medan

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi menyematkan tanda jabatan kepada Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution saat pelantikan kepala daerah di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara, Jumat (26/2 - 2021).
26 Februari 2021 12:27 WIB Cristine Evifania Manik News Share :

Harianjogja.com, MEDAN - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi melantik enam Kepala dan Wakil Kepala Daerah Sumatra Utara periode jabatan 2021-2024 di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara, Jumat (26/2/2021) pagi ini, salah satunya Muhammad Bobby Afif Nasution beserta Aulia Rachman yang menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No.131.12-359 tahun 2021 tentang perubahan atas keputusan Mendagri No.131.12-354 tahun 2021 tentang Pengesahan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota pada Provinsi Sumatra Utara.

"Sumpah atau janji ini adalah sumpah terhadap Tuhan yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati," kata Edy Rahmayadi sebelum membacakan sumpah janji jabatan.

Baca juga: Pemerintah Ingatkan Petani Jangan Hanya Fokus di Komoditas Padi

Berdasarkan pantauan, pengambilan sumpah janji jabatan berlangsung sekitar pukul 09:30 WIB dan dilakukan secara terbatas untuk menerapkan protokol kesehatan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Bobby Nasution bersama Kepala Daerah lainnya saat pengambilan sumpah janji jabatan di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara, Jumat (26/2/2021).

Secara rinci, nama-nama kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dilantik oleh Edy adalah Darma Wijaya Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan Wakil Bupati (Wabup) Serdang Bedagai, Surya sebagai Bupati Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin sebagai Wabup Asahan.

Selanjutnya, Dosmar Banjarnahor dilantik sebagai Bupati Humbang Hasundutan, Oloan P. Nababan Wabup Humbang Hasundutan, Muhammad Bobby Afif Nasution sebagai Wali Kota Medan, Aulia Rachman sebagai Wakil Wali Kota Medan, M. Syahrial sebagai Wali Kota Tanjung Balai, Waris sebagai Wakil Wali Kota Tanjung Balai, dan Amir Hamzah sebagai Wakil Wali Kota Binjai.

Baca juga: Epidemiolog UI Galang Dukungan Tolak Vaksin Mandiri, Ini Penjelasannya

Sementara itu, berdasarkan SK Mendagri yang serupa, Wali Kota Binjai dan Wali Kota Pematangsiantar terpilih tidak dilantik karena yang bersangkutan, Juliadi dan Asner Silalahi telah meninggal dunia.

Sumber : bisnis.com