Advertisement

Tips biar Masker Makin Ampuh Cegah Virus Corona

Yudi Supriyanto
Minggu, 14 Februari 2021 - 08:27 WIB
Sunartono
Tips biar Masker Makin Ampuh Cegah Virus Corona Masker berkatup - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan langkah penting untuk meningkatkan kemampuan masker Anda dalam mencegah virus masuk.

Dalam lamannya, CDC mengungkapkan penggunaan masker yang benar dan konsisten adalah langkah penting yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah tertular dan menyebarkan Covid-19.

Advertisement

"Masker bekerja paling baik saat semua orang memakainya, tetapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama," demikian tulis CDC dalam lamannya yang dilihat Bisnis pada Sabtu (13/2/2021).

Saat memilih masker, CDC meminta setiap orang melihat seberapa cocok, seberapa baik menyaring udara, dan berapa banyak lapisan yang terdapat pada masker.

Jadi, pastikan masker Anda pas dengan wajah. Celah bisa membuat udara dengan tetesan pernafasan masuk dan keluar di sekitar tepi masker.

Kemudian, pilih masker dengan lapisan untuk menahan tetesan atau droplet pernapasan Anda masuk dan keluar. Masker dengan lapisan akan menghentikan lebih banyak droplet pernapasan yang masuk ke dalam masker atau keluar dari masker jika Anda sakit.

Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja masker Anda.

Pertama, pastikan masker yang Anda gunakan memiliki kawat hidung, yakni strip logam di sepanjang bagian atas topeng. Kabel hidung mencegah udara bocor dari bagian atas topeng. Jadi, tekuk kawat hidung di atas hidung agar pas dengan wajah Anda.

Kedua, gunakan pelindung atau penjepit masker di atas masker sekali pakai atau masker kain untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker.

Ketiga, periksa apakah masker pas di hidung, mulut, dan dagu Anda. Periksa celah dengan menangkupkan tangan Anda di sekitar tepi luar topeng. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area di dekat mata Anda atau dari sisi topeng.

Jika masker sudah pas, maka Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin dapat melihat bahan masker masuk dan keluar dengan setiap tarikan napas.

Keempat, tambahkan lapisan material untuk melapisi. Anda dapat menggunakan masker kain yang memiliki banyak lapisan kain atau kenakan satu masker sekali pakai di bawah masker kain. Masker kedua harus mendorong tepi masker bagian dalam ke wajah Anda.

Kelima, pastikan Anda bisa melihat dan bernapas dengan mudah. Jadi, simpul dan selipkan simpul telinga dari masker 3 lapis.

Untuk itu, ikat simpul telinga dari masker wajah 3 lapis tempat mereka bergabung dengan tepi masker. Lipat dan selipkan bahan yang tidak dibutuhkan di bawah tepinya

Sementara itu, Anda juga tidak boleh melakukan sejumlah hal dalam memakai masker.

Pertama, jangan menggabungkan dua masker sekali pakai lantaran masker sekali pakai tidak dirancang agar pas dan memakai lebih dari satu tidak akan meningkatkan kesesuaian.

Kedua, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Jadi, gunakan hanya satu masker KN95 dalam satu waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement