Tahun Ini, Bansos Pandemi Covid-19 Akan Dipangkas

Raden Pardede - Antara/Wahyu Putro
11 Februari 2021 22:27 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Raden Pardede mengatakan bantuan sosial (bansos) pemulihan ekonomi tahun lalu sudah mengarah ke 110 juta penduduk Indonesia.

“Boleh dikatakan keluarga paling rentan di Indonesia secara umum telah mendapatkan bansos,” katanya melalui diskusi virtual, Kamis (11/2/2021).

Raden menjelaskan mungkin bansos tidak sempurna karena ada satu atau dua masyarakat yang tidak mendapatkannya. Akan tetapi ini, merupakan stimulus yang sangat besar diberikan dari negara kepada publik.

Bahkan, tambahnya, bantuan yang menyasar kepada 40 persen dari seluruh penduduk Indonesia ini adalah yang paling masif dalam sejarah republik.

“Tahun 2021 masih diberikan tapi ada pengurangan. Tapi secara umum yang dalam garis besar akan diberikan oleh pemerintah,” jelasnya.

Tahun lalu, pemerintah menganggarkan Rp695,2 triliun untuk PEN dan terealisasi Rp579,78 triliun. Dari total tersebut, untuk perlindungan sosial terserap Rp220,39 triliun.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia