Madinah Termasuk Kota Tersehat

Sejumlah jamaah haji beraktifitas di area Masjid Nabawi, Madinah. - Istimewa/Kemenag
24 Januari 2021 15:37 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – World Health Organization (WHO) menobatkan Kota Madinah sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Akreditasi dari WHO diraih setelah tim dari organisasi kesehatan dunia ini mengunjungi Madinah dan menyatakan kota tersebut memenuhi standar sebagai kota sehat.

Madinah adalah kota pertama dengan populasi lebih dari 2 juta yang dipercaya menjalankan program kota sehat.

Dilansir Arab News, Minggu (24/1/2021), akreditasi tersebut didukung dari upaya kolaborasi 22 pihak mulai dari pemerintah, komunitas, dan organisasi nirlaba.

Program integrasi tersebut mencakup kemitraan dengan Taibah University yang bertugas mencatat persyaratan pemerintah dalam platform review secara elektronik. WHO juga merekomendasikan perguruan tinggi tersebut untuk memberikan pelatihan bagi pemerintah daerah lainnya yang tertarik bergabung dalam program kota sehat.

Komite yang diketuai oleh Presiden Taibah University Abdul Aziz Assarani telah mengawasi 100 anggota yang merepresentasikan 22 unsur pemerintahan, sipil, nirlaba, dan organisasi sukarela.

Kriteria, termasuk memenuhi tujuan yang dikeluarkan oleh Madinah Region Strategy Project dan peluncuran program “Humanizing Cities”.

Berdasarkan WHO, sebuah kota sehat didefinisikan sebagai kota yang terus berupaya untuk menciptakan lingkungan fisik dan sosial, serta memperluas sumber daya komunitas yang mampu membuatmasyarakat saling mendukung dan menjalankan semua fungsi kehidupan secara maksimal.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia