Mendalam, Ini Makna Baju Ungu yang Dipakai Wapres AS Kamala Harris

Kamala Harris saat dilantik sebagai Wakil Presiden AS di Front Barat Capitol AS di Washington, Amerika Serikat, Rabu (20/1/2021). - Reuters
21 Januari 2021 15:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat telah dilaksanakan pada 20 Januari 2021 waktu setempat. Serba-serbi tentang pelantikan keduanya pun masih ramai disorot.

Salah satu hal yang cukup mencuri perhatian adalah baju yang dipakai oleh Kamala saat pelantikan kemarin. Ia diketahui memakai baju dari dua desainer kulit hitam Amerika, Christopher John Rogers dan Sergio Hudson.

Baju serba ungu serta perhiasan yang dipakai Kamala saat pelantikan ternyata memiliki makna mendalam. Melansir situs Cosmopolitan, warna ungu yang dipilih Kamala melambangkan persatuan.

Baca juga: Ini Pidato Lengkap Joe Biden saat Dilantik Jadi Presiden AS

Selain itu, warna ungu juga disebut sebagai bentuk penghormatan untuk Shirley Chisholm, wanita kulit hitam pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres. Shirley memilih sendiri ungu sebagai warna kampanye pencalonan presiden pada tahun 1972.

Kemudian, coat yang dipilih oleh Kamala juga tak lepas dari upaya mempertahankan gaya lugas yang selama ini sudah melekat pada dirinya. Sebagai mantan jaksa agung California, ia memang kerap tampil memakai coat atau blazer dalam beragam kesempatan.

Baca juga: Lukisan Maestro Affandi Dilelang untuk Peduli Bencana

Makna tak kalah mendalam juga terkandung dalam kalung mutiara yang dipakai Kamala. Ia memakai kalung mutiara desainer asal Puerto Rico, Wilfredo Rosado. Tautan rantai elips di kalung itu melambangkan pernyataan berani, tapi tetap mempertahankan sisi feminin.

Selama ini Kamala Harris memang identik dengan mutiara yang merupakan simbol dari keanggotaannya di Alpha Kappa Alpha. Ini adalah perkumpulan mahasiswa Afrika-Amerika pertama yang didirikan oleh wanita kulit hitam di almamaternya, Universitas Howard.

Sumber : Suara.com