Tinjau Banjir di Kalsel, Jokowi Disambut Hujan

Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11 - 2020) / Youtube Setpres
18 Januari 2021 16:17 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung lokasi banjir yang terjadi di beberapa titik lokasi di Kalimantan Selatan pada Senin (18/1/2021) siang.

Saat meninjau langsung lokasi banjir di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jokowi menyampaikan bahwa hujan masih turun dan Sungai Martapura masih meluap.

“Hujan masih turun di Kab. Banjar ketika saya tiba di Jembatan Pakauman. Di bawahnya, Sungai Martapura terlihat masih meluap,” cuitnya melalui akun Twitter @jokowi, Senin (19/1/2021).

Baca juga: Kunjungi Kalsel, Jokowi Ingin Pastikan Penanganan Bencana Berjalan Baik

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan bahwa selepas pantauan di sana, dirinya dan rombongan akan bertolak ke lokasi terdampak banjir lainnya.

“Dari sini, saya akan meninjau lokasi lainnya di Kalimantan Selatan ini, bertemu pengungsi, juga hendak melihat langsung kesiapan bantuan untuk warga,” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Negara direncanakan akan mendatangi posko pengungsian untuk meninjau kondisi warga terdampak serta kesiapan bantuan yang diberikan kepada mereka.

Presiden Jokowi bersama rombongan berangkat menuju Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma sekira pukul 10.05 WIB. 

Dikutip dari laman Sekretariat Negara, setibanya di Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Presiden Jokowi diagendakan langsung meninjau lokasi terdampak bencana banjir yang berada di Kelurahan Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, dengan menggunakan perahu karet.

Baca juga: Longsor Majene Putus Jalur Trans Sulawesi

Dalam kunjungan kerja kali ini, Presiden juga akan meninjau lokasi terdampak lainnya seperti Jembatan Mataraman yang aksesnya terputus karena bencana banjir tersebut hingga mendatangi posko pengungsian untuk meninjau kondisi warga terdampak serta kesiapan bantuan yang diberikan kepada mereka.

Selepas kegiatan tersebut, Presiden dan rombongan terbatas akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor untuk bertolak kembali ke Jakarta.

Turut serta dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Selatan di antaranya ialah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M.Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sumber : Bisnis.com