Advertisement

21 Sumur Resapan Dipasang untuk Konservasi Tuk Pecah di Magelang

Nina Atmasari
Sabtu, 16 Januari 2021 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
21 Sumur Resapan Dipasang untuk Konservasi Tuk Pecah di Magelang Penandatanganan naskah hibah sumur resapan, antara Pemkot Magelang dengan USAID IUWASH PLUS di Ruang Pangripta Bappeda Kota Magelang, Jumat (15/1/20201). - Ist/dok Prokopim Pemkot Magelang

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang mendapatkan pemasangan sumur resapan sebanyak 21 titik. Sumur ini merupakan program Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang hasil hibah dari USAID Indonesia Urban Water, Sanitation and Hygiene - Penyehatan Lingkungan Untuk Semua (IUWASH PLUS).

Pembangunan sumur resapan ini menghabiskan dana total Rp48 juta. Tujuannya adalah meningkatkan akses air mimum bagi masyarakat di wilayah ini. Selain itu, juga sebagai aksi nyata hasil Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA) untuk mengkonservasi sumber mata air Tuk Pecah sebagai satu-satunya sumber mata air yang berada di Kota Magelang.

Penandatanganan naskah hibah dilaksanakan bersamaan dengan Workshop Closing Program Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Melaksanakan Rencana Aksi Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA) Melalui Sumur Resapan, di Ruang Pangripta Bappeda Kota Magelang, Jumat (15/1/20201).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, Plt. Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu, perwakilan USAID IUWASH PLUS, perwakilan Yayasan Lingkungan Hidup Seloliman (YLHS), dan beberapa pejabat Pemkot Magelang.

Baca juga: Pendidikan & Akses Kesehatan Difabel Perlu Jadi Perhatian Pemerintah

Advertisement

Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina menjelaskan pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat di Kota Magelang saat ini mengandalkan dari mata air atau air tanah. Sedangkan sebagian besar mata air berada di luar wilayah Kota Magelang.

"Dari 6 mata air sumber air minum Kota Magelang, lima di antaranya berada di wilayah Kabupaten Magelang, hanya sumber mata air Tuk Pecah yang berada di wilayah Kota Magelang," jelas Windarti.

Windarti juga menunjukkan data hasil studi KKMA yang dilaksanakan oleh USAID IUWASH PLUS, didapat fakta bahwa debit semua mata air sumber air minum penduduk Kota Magelang mengalami penurunan disebabkan semakin berkurangnya daerah imbuhan mata air/ tangkapan air (Catchment Area).

Sementara berdasarkan Studi Kerentanan mata air Tuk Pecah, sumber mata air yang memiliki luas sekitar 10.349,21 hektar tersebut terus mengalami penurunan debit air.

Baca juga: Perbaikan Jalur Evakuasi Merapi yang Rusak Tak Bisa Dalam Waktu Dekat

Jika dibandingkan dengan debit tahun 2005, didapat fakta bahwa debit mata air Tuk Pecah pada tahun 2019 telah mengalami penurunan 30,14 liter per detik hingga 125,86 liter per detik, atau mengalami penurunan 8 sampai 16 liter per tahun.

Oleh karena itu, Windarti memastikan komitmen Pemkot Magelang untuk menjaga dan melindungi kelestarian dan kesinambungan pasokan air baku mata air Tuk Pecah mengingat fungsi dan peranan mata air Tuk Pecah sebagai sumber utama penyediaan dan pelayanan air minum bagi masyarakat Kota Magelang.

"Kita juga pastikan bahwa Pemkot Magelang akan meneruskan program konservasi air melalui replikasi pembuatan sumur resapan air hujan ini ke depan, serta mencari alternatif sumber air minum dan konservasi air hujan untuk keberlanjutan penyediaan air minum," ujarnya.

Perwakilan USAID IUWASH PLUS, Alifah Lestari menjelaskan bahwa tidak mudah bagi pihaknya melaksanakan seluruh rangkaian program implementasi peningkatan akses air minum dan sanitasi serta perbaikan perilaku higiene masyakarat di masa pandemi Covid-19 ini. Namun pihaknya bersyukur adanya dukungan warga, khususnya warga RW 07 Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara telah melancarkan segala sesuatunya.

USAID IUWASH PLUS juga mengenalkan konsep perilaku utama untuk pencegahan penyebaran Virus Covid-19 yaitu 3M PLUS 2M. 3M pertama yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun. Sedangkan PLUS adalah Penyehatan Lingkungan Untuk Semua dengan cara peningkatan akses air minum dan sanitasi.

"3 M ini tidak cukup sehingga harus ditambahkan dengan 2M, yaitu mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan, sehingga dengan demikian kita akan terus berpartisipasi dalam pencegahan penularan Covid-19 dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement