Advertisement

Kecelakaan Pesawat di AS Tertinggi di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Zufrizal
Selasa, 12 Januari 2021 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Kecelakaan Pesawat di AS Tertinggi di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa? Petugas mengevakuasi pesawat kargo jenis boeing 737-301F dengan kode lambung PK-YGG milik maskapai penerbangan Tri-MG Asia Airlines yang tergelincir di Bandara Wamena, Wamena, Papua, Selasa (18/7). - Antara/Iwan Adisaputra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Iklim penerbangan di Indonesia selalu dicap sebagai salah satu yang terburuk di dunia karena tingkat keamanan dan keselamatan yang kurang bagus.

Namun, bisnis penerbangan Indonesia bukanlah yang terburuk di dunia berdasarkan angka kecelakaan yang berakibat kepada kematian penumpang dan awak pesawat?

Advertisement

Seperti dilansir dari https://aviation-safety.net/, kecelakaan pesawat terbanyak yang dihitung sejak 1945 hingga saat ini terjadi di Amerika Serikat dengan jumlah 860 kecelakaan yang mengakibatkan 10.820 korban meninggal dunia.

Urutan kedua ditempati Rusia dengan 630 kecelakaan yang mengakibatkan 8.418 korban meninggal.

Sementara itu, Indonesia berada di posisi kedelapan sebagai negara yang mencatat kecelakaan pesawat terbang sebanyak 104 kejadian yang menewaskan 2.301 korban meninggal.

Berikut ini daftar kecelakaan pesawat dan korban meninggal di 25 negara/wilayah yang didata oleh Aviation Safety Network (ASN) sejak 1945 sampai dengan saat ini. ASN menyebutkan bahwa statistik itu tidak termasuk kecelakaan pesat militer, jet perusahaan, akibat pembajakan, dan kejadian kriminal lainnya.

pswt

Sumber: https://aviation-safety.net/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement