Pemerintah Upayakan Harga Vaksin Covid-19 Terjangkau

Vaksin Covid-19 buatan Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu malam, 6 Desember 2020. - Istimewa
15 Desember 2020 05:27 WIB Jaffry Prabu Prakoso News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah akan membagikan vaksin Covid-19 melalui dua skema. Pertama, lewat program pemerintah yang gratis. Kedua, program vaksin mandiri yang akan dipungut biaya.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pada prinsipnya vaksinasi yang dilakukan di masa pandemi bertujuan untuk menciptakan kekebalan komunitas. Dengan begitu, orang-orang yang tidak mampu divaksinasi bisa terlindungi.

“Kami masih mengupayakan vaksin bisa terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya saat dihubungi JIBI, Senin (14/12/2020).

Wiku menjelaskan bahwa apabila memang memang harus ada pembagian vaksinasi untuk dua skema tersebut, masyarakat diharapkan mengerti kondisi yang ada.

“Pemerintah akan berusaha agar masyarakat memahami dengan baik atas kebijakan tersebut dengan transparan pada setiap tahapan vaksinasinya,” jelasnya.

Pemerintah meyakini vaksin bisa menjadi pengubah permainan atau game changer untuk menahan penyebaran. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat untuk kembali berkegiatan semakin meningkat sehingga ekonomi bisa membaik.

Di sisi lain, penanganan Covid-19 di Indonesia sudah berada pada jalurnya. Tingkat kesembuhan berada pada angka 82,21 persen atau lebih tinggi dari rata-rata global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tidak lepas dari upaya masyarakat yang disiplin menjaga protokol kesehatan. Dengan kondisi tersebut, dia optimistis pada 2021 bisa menjadi tahun pemulihan.

“Tahun yang memberi peluang bagi ekonomi nasional agar ekonomi kita bisa bergerak dan bisa leading di regional Asean ini,” katanya saat sambutan di Bisnis Indonesia Award 2020, Senin (14/12/2020).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia