Kemenangan Gibran di Depan Mata, Ini Hasil Resmi KPU Sementara

Calon Wali Kota Solo dari Partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka menggelar jumpa pers terkait hasil hitung cepat internal partai di kantor DPC PDI Perjuangan, Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/12/2020). - Antara
10 Desember 2020 09:47 WIB Setyo Aji Harjanto News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hasil sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo mencatatkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa meraih 86,3 persen suara. 

Sementara itu, lawannya, Bagyo Wahyono - FX Suparjo hanya mendapat 13,7 persen suara. Hasil tersebut didapat dari penghitungan di 613 tempat pemungutan suara. Adapun total TPS di kota Solo sebanyak 1.231.

Berdasarkan data  terakhir Komisi Pemilihan Umum (KPU) pukul  07.48 WIB, Gibran-Teguh sementara meraih total 110.680 suara. Sementara Teguh-FXSuparjo hanya 17.458.

Gibran-Teguh tercatat memenangkan kontestasi di wilayah Laweyan, Serengan, Pasar Kliwon, Jebres, dan Banjarsari.

Adapun, data tersebut adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap.

Data yang ditampilkan pada menu Hitung Suara laman resmi https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkk/tungsura/3372 bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Sebelumnya, Gibran mengatakan bahwa dirinya tidak terlalu mempersoalkan pencapaian target angka persentase suara dalam kontenstasi Pilkada Solo 2020. 

Menurut dia yang terpenting adalah Pilkada 2020 berjalan dengan lancar dan aman.

"sekarang kita tidak bicara angka yang penting warga Solo sehat semua Pilkadanya lancar dan aman kalau masalah angka urusan belakangan," kata Gibran dalam konferensi pers, Rabu (9/12/2020).

Diketahui paslon Gibran-Teguh Prakosa menargetkan kemenangan Pilwalkot Solo dengan perolehan 92 suara. 

Namun, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count terakhir Voxpol center, Gibran-Teguh unggul dengan perolehan 86,65 persen sementara pasangan Bagyo-Suparjo 13,34 persen. Suara yang masuk tercatat sudah 100 persen. 

Gibran mengaku dirinya sudah nothing to lose dengan hasil Pilkada Solo 2020. Dia menegaskan yang terpenting adalah warga kota Solo Sehat dan Pilkada berjalan aman dan lancar.

" saya sudah nothing to lose yang penting warga sehat dan pilkada aman dan lancar itu prioritas," katanya.

Sumber : Bisnis.com