Advertisement

Banyak Orang Tak Percaya Covid-19, Satgas: Komunikasi Belum Efektif

Aprianus Doni Tolok
Sabtu, 05 Desember 2020 - 02:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Banyak Orang Tak Percaya Covid-19, Satgas: Komunikasi Belum Efektif Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito - Sumber: www.covid19.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kendati pandemi Covid-19 telah menghantui Indonesia lebih dari sembilan bulan namun masih ada masyarakat yang tidak mempercayai keberadaannya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa ketidakpercayaan masyarakat akan keberadaan Covid-19 tidak melulu terkait jarak atau geografis suatu wilayah.

Advertisement

“Masih banyak yang belum percaya, padahal yang tidak percaya itu tidak berarti serta merta harus jauh dari Jakarta, tinggalnya di desa, tidak seperti itu. Di Jakarta dan kota besar pun masih ada yang tidak percaya,” kata Wiku dikutip dari YouTube BNPB, Jumat (4/12/2020).

Baca juga: Disebut Sebarkan Hoaks, Deddy Corbuzier & Effendi Gazali Disemprot Susi Pudjiastuti

Lebih lanjut, dia juga mengakui bahwa cara komunikasi pemerintah kepada masyarakat juga fleksibel atau tidak bisa disamaratakan.

Pasalnya, Indonesia yang merupakan negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunia memiliki masyarakat dengan latar belakang beragam suku, budaya, pendidikan, hingga cara berpikir yang berbeda-beda.

“Ternyata komunikasi yang sudah kita lakukan belum efektif untuk membuat sebagian orang untuk yakin berarti kan cara komunikasi harus diselesaikan,” ujarnya.

Baca juga: Survei Kemenhub: Libur Akhir Tahun Ini Bakal Sepi Pemudik

Pada Jumat (4/12/2020) kasus positif Covid-19 bertambah 5.803 orang sehingga totalnya menjadi 563.680 orang. Angka penambahan kasus positif ini lebih rendah jika dibandingkan hari sebelumnya yang mencatatkan rekor baru tertinggi.

Seperti diketahui, kasus positif Covid-19 pada Kamis (3/12/2020) mencatat rekor yaitu 8.369 orang sehingga total kasus mencapai 557.877 orang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement