Berkeliaran di Magelang Jam 21 sampai 00, Siap-Siap Bertemu Blue Light Patrol

Personel Polres Magelang melakukan Blue Light Patrol, Kamis (3/12/2020) malam. - Ist/dok Polres Magelang
04 Desember 2020 21:47 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Bagi warga yang masih beraktivitas di luar rumah di malam hari wilayah Kabupaten Magelang, siap-siap akan bertemu dengan Blue Light Patrol. Apa itu?

Blue Light Patrol adalah kegiatan rutin Polres Magelang yang dilaksanakan bersinggungan dengan Polsek jajaran Polres Magelang, guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah mereka.

Pelaksanaan patroli Blue Light dilakukan secara serentak pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Kegiatan ini menggunakan kendaraan Patroli Strada dan lampu rotator menyala untuk mengantisipasi tindak pidana currat, curanmor, curras (3C) dan gangguan Kamtibmas yang lain.

Kapolres Magelang melalui Kabagops Polres Magelang Kompol Maryadi mengatakan kegiatan Blue Light Patrol sudah rutin dilaksanakan secera serentak dan bersingungan antar Polsek yang berbatasan untuk menunjukkan bahwa Polri hadir di tengah- tengah masyarakat untuk melindungi, mengayomi dsn melayani masyarakat.

“Sasaran kegiatan Blue Light Patrol adalah pemukiman, perkantoran, objek vital, Pos siaga Covid-19 dan masyarakat yang berekerumun,” jelasnya, Jumat (4/12/2020).

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih menunjukkan penambahan terkonfirmasi positif dan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga protokol kesehatan, kegiatan Blue Light Patrol juga menyasar kepada kerumunan masyarakat.

"Petugas Patroli akan mendisiplinkan masyarakat yang ditemukan berkerumun dan melanggar protokol kesehatan", tambah Maryadi.

Dari data pelaporan hasil kegiatan yang dihimpun oleh perwira siaga Bagian Operasi Polres Magelang, kegiatan rutin Blue Light Patrol Polsek jajaran Polres Magelang situasi aman kondusif tidak ada kejadian kriminalitas dan gangguan kamtibmas yang lain.

Masyarakat yang ditemukan tidak memakai masker diberikan teguran oleh petugas dan diberikan masker untuk menjaga dirinya dan orang lain.

"Kami berharap dengan kegiatan Blue Light Patrol masyarakat wilayah Magelang bisa tidur nyenyak dan bekerja nyaman", katanya.