Buntut Kerumunan Massa FPI, 77 Orang Positif Covid-19

Massa menunggu kedatangan Habib Rizieq Shihab di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta, Selasa (10/11/2020). - Antara
20 November 2020 20:17 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Ketua Satgas Covid 19 Doni Monardo membeberkan terjadi peningkatan kasus konfirmasi positif Covid-19 yang signifikan buntut dari kerumunan massa di sejumlah kegiatan Front Pembela Islam dalam kurun waktu sepekan terakhir.

Berdasarkan data Satgas, Doni mengatakan terdapat tujuh orang positif Covid-19 dari 15 orang yang telah dilakukan swab di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat, per 19 November 2020.

“Ada tujuh orang positif Covid-19, termasuk Lurah Petamburan,” kata Doni kepada awak media dalam Kunjungan Kerja Kesiapsiagaan Erupsi Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, pada Jumat (20/11/2020).

Doni menambahkan, penelusuran kontak di kerumunan massa FPI di Mega Mendung, Bogor, mengidentifikasi adanya 20 orang konfirmasi positif Covid-19. Temuan itu lantas menjadikan Mega Mendung sebagai klaster baru sebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.

“Data Jumat sore 20 November, hasil swab antigen untuk Kluster Mega Mendung adalah yang diperiksa 559 orang, yang positif ada 20 orang,” kata Doni.

Laporan lain, dia mengatakan, terdapat 50 orang dinyatakan positif Covid-19 yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet. Walhasil total ada sekitar 77 orang positif Covid-19 diduga terkait kerumunan massa FPI.

Pekan lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama dengan pemimpim FPI Rizieq Shihab menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Majelis Ta’lim Al Alaf Alhabib Alin Abdurrahman Assegaf di kawasaan Tebet, Jakarta Selatan, pada Jumat (13/11/2020) pagi.

Dalam siaran langsung dari kanal Youtube Front TV milik FPI, peringatan Maulid Nabi itu dihadiri oleh ratusan orang. Malahan, peserta Maulid Nabi itu terlihat berdesakan dan hanya sejumlah orang yang tampak mengenakan masker.

Sumber : Bisnis.com