Advertisement

Menkes Terawan Targetkan 107 Juta Warga Divaksin Covid-19

Mutiara Nabila
Rabu, 18 November 2020 - 08:37 WIB
Bhekti Suryani
Menkes Terawan Targetkan 107 Juta Warga Divaksin Covid-19 Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) - Antara/Puspa Perwitasari

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menargetkan 67 persen dari 160 juta penduduk Indonesia berusia 18 - 59 tahun atau sekitar 107 juta orang divaksin Covid-19. 

“Vaksin Covid-19 sampai saat ini diperuntukkan kepada sasaran umur 18 - 59 tahun dan sehat, antara lain tanpa komorbid, ibu hamil, dan yang sudah terkena infeksi SARS-CoV-2 sesuai rekomemdasi ITAGI [Indonesian Technical Advisory Group on Immunization],” kata Menkes Terawan pada Rapat Kerja Menkes dengan DPR Komisi 9 di Gedung DPR, Selasa (17/11/2020).

Advertisement

Adapun, jumlah sasaran tersebut sudah mengakomodasi rekomendasi Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE) WHO yang dilakukan secara bertahap.

Terawan menerangkan pada pelaksanaannya nanti dilakukan pendekatan melalui dua skema yaitu pertama melalui vaksin program dengan sasaran 32 juta orang lebih, yang membutuhkan 73,96 juta dosis. Sesuai petunjuk WHO Indicate Rate Global untuk vaksin maka wastage rate-nya sebesar 15 persen.

Skema kedua melalui vaksin mandiri dengan sasaran sekitar 75 juta orang, yang membutuhkan 172,6 juta dosis, dua dosis per orang, dengan menambahkan wastage rate 15 persen.

"Yang termasuk wastage rate nantinya antara lain vaksin sisa, tidak terpakai, rusak, hilang dan bisa dimanfaatkan sebagai buffer stock untuk kemungkinan kurang, kebutuhan emergency, dan relokasi antardaerah," terang Terawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement