Advertisement

Mandiri Sudah Salurkan Rp1,62 Triliun Subsidi Gaji Tahap Kedua

Ni Putu Eka Wiratmini
Minggu, 15 November 2020 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Mandiri Sudah Salurkan Rp1,62 Triliun Subsidi Gaji Tahap Kedua Gedung Bank Mandiri - bankmandiri.co.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah telah mencairkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahap kedua kepada pekerja terdampak Covid-19 dengan upah di bawah Rp5 juta per bulan. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. ikut menyalurkan dana tersebut.

Selama Agustus sampai Oktober 2020 lalu Bank Mandiri telah menyalurkan BSU gelombang pertama ke 5,09 juta rekening pekerja dengan nilai penyaluran sebesar Rp6,12 triliun.

Advertisement

Sementara itu, dalam penyaluran BSU gelombang kedua yang dimulai per tanggal 11 November 2020 dan masih berlangsung saat ini, Bank Mandiri telah menyalurkan bantuan kepada 1,35 juta rekening pekerja senilai Rp1,62 triliun.

Baca juga: Satgas Covid-19: Sangat Mungkin Desember Bisa Libur Panjang

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan penyaluran inu merupakan komitmen perseroan dalam mendukung program pemerintah untuk melindungi pekerja dan menjaga daya beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Dalam penyalurannya, kami mengacu pada ketentuan yang tercantum pada Permenaker 14/2020, yaitu sebesar Rp1,2 juta per pekerja tiap gelombang dan penyalurannya berdasarkan basis data penerima dari Kemenaker," katanya Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: Sandiaga Uno Rintis Samala, Perusahaan yang Berambisi Buka 100.000 Lapangan Kerja

Bantuan pemerintah berupa subsidi gaji adalah salah satu program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Subsidi ini diberikan kepada pekerja yang memenuhi syarat yaitu WNI; pekerja penerima upah; tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020; upah di bawah Rp5 juta; dan memiliki rekening aktif.

Setelah subsidi gaji termin pertama selesai disalurkan, Kemenaker melakukan evaluasi bersama BPJS Ketenagakerjaan, Bank Himbara, Ditjen Pajak (DJP), BPK, dan KPK. Kemenaker juga telah selesai melakukan pemadanan data dengan DJP, sehingga subsidi gaji bisa langsung dicairkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement