Advertisement

Polri Prihatin Anak-Anak Lebih Hafal Lagu di TikTok daripada Lagu Nasional

Newswire
Minggu, 08 November 2020 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polri Prihatin Anak-Anak Lebih Hafal Lagu di TikTok daripada Lagu Nasional Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Prabowo Argo Yuwono. - Suara.com/Arga

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Prabowo Argo Yuwono prihatin terhadap anak-anak zaman sekarang yang tidak mengenal pahlawan nasional, dan lebih mengenal para youtuber yang sering mereka lihat. Hal itu dikatakannya berdasarkan video yang beredar di media sosial.

"Inilah yang menjadi tantangan kita semua dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan di tengah pandemi Covid-19," kata Prabowo Argo dalam webinar bertajuk "Makna Penting Wawasan Kebangsaan Dalam Menumbuhkan Ketahanan Nasional Di Tengah Pandemi" di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Jogja, Sabtu (7/11/2020).

Advertisement

Menurut Argo, dalam video yang ia maksud, anak-anak usia SD atau SMP juga mengaku tidak tahu lagu-lagu nasional. Mereka lebih tahu dan hafal lagu-lagu yang ada pada TikTok yang viral di media sosial.

Baca juga: Siaga, Kegempaan Merapi Terus Meningkat

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat tidak lengah dalam menerapkan nilai-nilai kebangsaan kepada anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa, dan pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Ia juga mengajak semua pihak bergotong royong membantu mempertahankan nilai-nilai kebangsaan agar tertanam dan tidak luntur di tengah kemajuan teknologi informasi yang terus melejit di tengah pandemi COVID-19. "Sehingga kelak anak-anak mempunyai nilai nasionalis yang tinggi," kata dia.

Kepala Kesbangpol Daerah Istimewa Yogyakarta Djoko Nuryanto mengingatkan pentingnya sosialisasi mengenai wawasan kebangsaan sejak dini kepada masyarakat.

"Wawasan kebangsaan diharapkan mempengaruhi perilaku kepada setiap warga negara dalam posisi apa pun," kata Djoko.

Ia mengingatkan wawasan kebangsaan memuat setidaknya empat hal yang mengikat semua warga negara, yaitu: Pancasila, UUD '45, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Baca juga: Merapi Siaga, Kelompok Rentan Mulai Dievakuasi

Sementara itu, Rektor UKDW Yogyakarta Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D. mengakui bahwa pandemi COVID-19 sedikit banyak telah memporakporandakan harmoni kehidupan antarsesama umat, antarsesama warga bangsa.

"Karena itu kita perlu kembali melakukan gerakan bersama untuk mempererat kembali harmoni kebangsaan antar sesama komponen bangsa," kata Henry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement