KABAR KAMPUS: Edu Health Fair 2020 Sajikan Beragam Inovasi Poltekkes Kemenkes

Pelaksanaan Edu Health Fair 2019. - Kemkes.go.id
05 November 2020 09:47 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Puluhan Lembaga Pendidikan tinggi terlibat dalam Edu Health Fair 2020 yang digelar Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM (PPSDM) Kemenkes RI pada Kamis (5/11/2020) hingga Jumat (6/11/2020). Kegiatan yang digelar dengan luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) itu menyuguhkan berbagai inovasi lembaga pendidikan di bawah Kemenkes.

Kabid Penyelenggaraan Pendidikan, Pusdik SDMK Kemenkes Akemat menjelaskan Edu Health Fair 2020 merupakan wadah untuk mengenalkan potensi Lembaga Pendidikan di bawah naungan Kemenkes yang telah menunjukkan perkembangan pesat dengan menghasilkan produk dan inovasi dari penelitian dari dosen maupun mahasiswa. Pelaksanaannya digelar dengan konsep hybrid event memadukan antara interaksi langsung atau luar jaringan dihelat di Mall Taman Anggrek Jakarta dan interaksi digital (online) atau luar jaringan melalui platform eduhealthfair.id.

BACA JUGA : Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Gelar The 7th International

“Untuk pameran on-site digelar dengan melaksanakan protokol kesehatan ketat dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Kemudian untuk talkshow, kompetisi, lomba, dan hiburan, untuk acara dilaksanakan secara on-site dengan peserta terbatas, dilaksanakan secara online menggunakan fasilitas aplikasi pertemuan untuk menjangkau peserta lebih banyak,” terangnya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (4/11/2020).

Event tersebut diharapkan bisa memberikan solusi soal tingginya persaingan perguruan tinggi dalam mendapatkan mahasiswa. Sehingga bisa sekaligus menjadi wadah bimbangan lulusan SMA dalam  memilih jurusan mengingat terbatasnya pengetahuan calon mahasiswa, guru pembimbing, hingga orangtua terhadap program studi di lembaga pendidikan kesehatan. Saat ini Indonesia memiliki 38 Poltekkes, terdiri dari 21 jurusan dengan delapan bidang unggulan yang menghasilkan 22.000 lulusan tenaga kesehatan setiap tahun.

“Dengan tema Poltekkes Kemenkes Era 4.0: Menembus Batas dan Produktif di Era Adaptasi Kebiasaan Baru, event ini menjadi ruang bertemunya elemen pendidikan, kepemerintahan dan industri. Sehingga tercipta peluang kolaborasi dalam pengembangan sektor kesehatan di Indonesia,” katanya.

BACA JUGA : Cegah Stunting, Poltekkes Kemenkes Jogja

Adapun rangkaian acara Edu Health Fair di antaranya pada Kamis (5/11/2020) talk show pukul  13.00-14.30 WIB dengan tema Berbakti Kepada Negeri Melalui Dunia Kesehatan dilanjutkan dengan talk show pukul 15.30-17.00 WIB tentang Peluang Masa Depan Dunia Kesehatan. Kemudian pada Jumat (6/11/2020) digelar pukul 10.00-11.30 WIB tentang Gelar Inovasi Poltekkes Kemenkes dilanjutkan dengan talk show dengan tema Manajemen Kecemasan di Masa Pandemi.

“Adapun untuk kompetisi berupa band antar Poltekkes Kemenkes, kompetisi Produk Inovasi dan kompetisi foto untuk umum bertema Adaptasi Kebiasaan Baru. Selain itu ada kompetisi poster infografis antar Poltekkes Kemenkes, video edukasi untuk umum dan lomba kreasi vocal group virtual kolase untuk umum,” katanya.