5 Negara Ini Penentu Kemenangan Pilpres AS

Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan). - Istimewa
04 November 2020 23:07 WIB Novita Sari Simamora News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat ini, Donald Trump dan Joe Biden sedang dalam pertarungan tegang untuk memperebutkan kedudukan sebagai Presiden AS.

Kini hasil pesta demokrasi hasil bergantung pada beberapa negara bagian yang belum diumumkan. Namun, Donald Trump sempat mengklaim pada Rabu pagi bahwa dia telah memenangkan pemilihan, meskipun hasil akhir belum diumumkan.

Dia mengatakan akan pergi ke Mahkamah Agung untuk membantah penghitungan suara melalui pos. "Ini adalah penipuan terhadap publik Amerika," kata presiden dari Gedung Putih.

"Kami akan memenangkan ini. Sejauh yang saya khawatirkan, kami sudah memenangkannya," tambahnya.

Taruhan berayun dengan liar antara Tuan Trump dan Tuan Biden menjadi favorit untuk menang. Penantang Demokrat memenangkan Arizona dari Partai Republik dan memimpin di Wisconsin saat ia meningkatkan peluangnya untuk menang.

Dia mengatakan kepada para pendukungnya "ini belum berakhir sampai setiap suara dihitung".

Negara bagian lain yang akan menentukan pemilihan adalah Nevada, Michigan, Georgia, North Carolina dan Pennsylvania - di mana Demokrat berharap dapat mempersempit kesenjangan dengan sisa suara pos tak terhitung yang ditantang oleh Trump.

Dalam perhitngan live pilpres AS 2020, diperoleh hasil sementara Joe Biden memiliki suara elektoral 238 dan Donald Trump memiliki suara 213 elektoral.

Dari sisi vote, Biden mengantongi 69,47 juta suara dan Trump memiliki 67,06 suara.

Sumber : bisnis.com