Setelah Gempa Magnitudo 7, Lebih dari 400 Gempa Susulan Terjadi di Turki

Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi. - Reuters
01 November 2020 08:37 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah gempa pertama yang terjadi di Turki, gempa susulan berkekuatan magnitudo 5,0 terdeteksi di lepas pantai Laut Aegean Turki.

Gempa bumi pertama telah menewaskan sedikitnya 39 orang dan melukai lebih dari 800 orang di seluruh Turki dan Yunani kemarin.

Gempa susulan dilaporkan oleh Presidensi Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) pagi kemarin 31 Oktober 2020. Tidak jelas apakah gempa itu menimbulkan lebih banyak kerusakan di negara itu.

Baca juga: Tinggal di Turki, Cinta Penelope Ungkap Kondisinya Saat Terjadi Gempa Dahsyat

Sebelumnya, gempa dahsyat, berkekuatan 7,0 terjadi, berdasarkan pengamatan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), di pantai Aegean pada Jumat sore. Lebih dari 470 gempa susulan, terjadi setelah gempa besar itu.

Upaya penyelamatan berlanjut dengan cepat di kota Izmir Turki barat pada hari Sabtu, sehari setelah gempa bumi yang kuat melanda Laut Aegea, menyebabkan bangunan-bangunan runtuh dan merenggut nyawa sedikitnya 39 orang.

Tiga puluh tujuh kematian terjadi di Turki, kata pihak berwenang di sana, dan dua di Yunani. Sedikitnya 885 orang terluka di Turki.

Baca juga: Pusat Pengendalian Penyakit di AS Rilis 6 Gejala Baru Virus Covid-19, Ini Daftarnya

Sebanyak 20 bangunan rusak parah di Izmir akibat gempa Jumat sore, menurut Walikota Izmir Tunc Soyer, sebagian besar di distrik Bayrakli kelas menengah.

Operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung di sembilan gedung hingga Sabtu sore, sementara operasi telah selesai di delapan gedung lainnya, kata badan bencana Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada Sabtu bahwa 103 orang telah diselamatkan dari puing-puing gempa.

Sumber : Bisnis.com