Menteri BUMN: Akademisi Jadi Energi Positif untuk Pemulihan Ekonomi

Menteri BUMN Erick Thohir. - @youtube.
13 Oktober 2020 06:47 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan lingkungan perguruan tinggi bisa menjadi energi positif dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Ia mengimbau semua pihak agar selalu optimistis dan berusaha cermat untuk bertahan dalam situasi yang penuh ketidakpastian.

Erick mengatakan semua pihak perlu memandang pandemi Covid-19 dengan penuh harapan dan tidak berlarut-larut dengan ratapan. Selain itu harus berusaha cermat untuk bertahan dalam situasi yang penuh ketidakpastian, sekaligus memikirkan strategi untuk berbenah pasca pandemi. Menurutnya dukungan semua pihak terutama perguruan tinggi bisa menjadi energi positif untuk pemulihan ekonomi.

BACA JUGA : Kementerian BUMN Minta Rp15,5 Triliun, Ini Alasannya

“Sikap optimistis dan strategis penting dimiliki kita semua, pelaku usaha, pemerintah ulama tokoh masyarakat dan tentunya masyarakat yang ada di perguruan tinggi [akademisi] sebagai energi positif untuk pemulihan ekonomi walaupun krisis ekonomi terjadi di seluruh belahan dunia namun sikap positif menjadi modal untuk cepat bangkit,” ungkapnya dalam Kuliah Umum Mahasiswa Baru Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII yang dipantau Harianjogja.com melalui Youtube Selasa (13/10/2020).

Ia menambahkan perlu diingatkan bahwa semua pihak perlu berkontribusi untuk kebangkitan ekonomi Indonesia, pemerintah perlu dukungan untuk melakukan pemulihan ekonomi. Pelaku usaha masyaralat umum juga mempunyai peran penting dalam pemulihan ekonomi. Masyarakat akan menjadi penggerak dari sisi konsumsi baik itu kebutuhan primer sekunder maupun tersier. Begitu juga BUMN saat ini terus mengambil kesempatan untuk bertransformasi menjadi penggerak perekonomian nasional dan menjadi fundamental pelayanan publik.

BACA JUGA : Jawaban Anak Buah Erick Thohir Terkait Usulan Ahok 

“Dalam siruasi Covid-19 tidak lepas dari tantangan besar. Kami melakukan pembenahan,” katanya dalam kuliah mengambil tema Masa Depan BUMN Pascapandemi yang dihelat pada Sabtu (10/10/2020) itu.

Secara virtual, Erick juga memberikan semangat kepad apara mahasiswa baru FE UII untuk selalu menmpa diri di kampus dan menyiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja. Pihaknya memberikan kesempatan kepada professional muda untuk menduduki posisi penting di BUMN.

“BUM sangat terbuka mempercayakan banyak posisi untuk eksekutif muda. Banyak kaum muda sebagai Direksi di BUMN, Fajrin Rasyid membantu di Telkom, kemudian  Soleh Ayubi, 37 tahun sebagai Direktur Perawatan Kesehatan Digital,” katanya.

BACA JUGA : Stafsus Menteri BUMN Jelaskan Alasan Kenaikan Tagihan 

Rektor UII Profesor Fathul Wahid dalam saluran Youtube itu mengatakan situasi saat ini memang penuh tantangan untuk menuju perubahan. Oleh karena harus memiliki banyak referensi untuk bisa beradaptasi. “Termasuk bagaimana agar kita bisa memotret masa depan menjadi lebih baik sehingga siap dengan kekecewaan tetapi bisa memperkirakan investasi apa yang cocok ke depan,” ujarnya.