Jokowi Nyekar ke Makam Ibunda di Karanganyar

Warga sekitar yang mengetahui kedatangan Jokowi tampak berkumpul banyak di tepi jalan di TPU Mundu, Selokaton, Gondangrejo Rabu (7/10/2020). - JIBI/Candra Mantovani
08 Oktober 2020 09:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, KARANGANYAR - Presiden RI Joko Widodo kembali mengunjungi makam atau nyekar ibundanya Almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo di TPU Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar Rabu (7/10/2020) malam.

Jokowi datang bersama putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan adik Joko Widodo Ida Yati.

Pantauan Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (Solopos) rombongan Jokowi tiba di TPU Mundu pukul 19.00 WIB diiringi mobil pengamanan. Polisi dan TNI sudah mengamankan jalur kedatangan Jokowi bersama keluarga sejak sore hari.

Jokowi tiba di lokasi menumpang mobil Toyota Alphard hitam bernomor polisi AB 1224 ZA. Sementara itu Gibran datang dengan mobil berbeda. Tak terlihat istri Jokowi, Iriana dalam rombongan tersebut. Mereka saat tiba langsung menuju ke lokasi pemakaman di dalam untuk mendoakan Almh. Sudjiatmi.

Warga sekitar yang mengetahui kedatangan Jokowi tampak berkumpul banyak di tepi jalan. Mereka menunggu kedatangan Jokowi di lokasi. Polisi dan TNI bahkan harus menertibkan rombongan agar tidak meluber ke Jl. Solo-Purwodadi.

Jokowi dan keluarga berada di pemakaman sekitar 30 menit. Tak lama setelah itu, Jokowi dan rombongan langsung meninggalkan lokasi sembari memberikan salam ke warga yang menanti mereka.

Juru Kunci Makam Keluarga Jokowi, Sidik Suramto, mengatakan hanya tiga orang anggota keluarga yang datang. Menurutnya doa dipimpin langsung oleh Jokowi di lokasi pemakaman.

"Sudah sehari sebelumnya diinfo kalau Pak Presiden akan datang nyekar makam ibunda. Persiapan hanya membersihkan dan merapikan makam. Untuk perlengkapan lainnya sudah disediakan," beber dia.

Sidik juga menjelaskan Jokowi sempat berpesan agar makam ibundanya dirawat dan dibersihkan dengan baik. "Tadi tidak ada pesan khusus, cuma memang minta agar membantu untuk merawat dan menjaga agar makam tetap rapih dan bersih," ucap dia.

Sumber : Solopos