Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi: Pancasila Memandu Indonesia Keluar dari Pandemi

Petugas membersihkan area Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Rabu (30/9/2020). Peringatan Hari Kesaktian Pancasila akan diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2020 di lokasi tersebut. ANTARA FOTO - Asprilla Dwi Adha
01 Oktober 2020 10:27 WIB Nyoman Ary Wahyudi News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Hari ini, Kamis (1/10/2020), Bangsa Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan ideologi Pancasila sudah terbukti berhasil memandu bangsa Indonesia dalam melewati tantangan dan ujian yang pernah dihadapi mulai dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi sampai pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/9/2020) melalui akun Twitter pribadinya.

Baca juga: Cerita Gibran tentang Proses Dirinya Mendapat Rekomendasi Cawali Solo

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini,” cuit Jokowi.

Menurut dia, semua tantangan itu dapat dilewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila.

Di sisi lain, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI turut merayakan Hari Kesaktian Pancasila pada Kamis (1/10/2020).

Mendikbud Nadiem Anwar Makariem menyebut, Pancasila masih menjadi pegangan hidup bangsa dan masih ‘menyala’ dalam segala aktivitas masyarakat terutama di masa pandemi Virus Corona.

Baca juga: Cegah Covid-19, Disperindag Kota Jogja Inisiasi Penempelan Stiker Kepada Pengunjung Pasar

“Di masa pandemi seperti sekarang mungkin terasa sulit membayangkan sisi positif dari bencana yang melanda, karena pandemi ini kita secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi, dan krisis pembelajaran. Tapi, di saat dulit seperti ini sila-sila Pancasila justru terlihat jelas mendarah daging di masyarakat kita,” kata Nadiem dalam pidato Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (29/9/2020).

Nadiem menjelaskan, begitu banyak pahlawan Pancasila yang menyalakan liln-lilin kemanusiaan di lingkungannya masing-masing.

Sumber : Bisnis.com