Advertisement

Ini Kesalahan Memakai Masker sehingga Kita Berisiko Tertular Virus

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 September 2020 - 09:27 WIB
Sunartono
Ini Kesalahan Memakai Masker sehingga Kita Berisiko Tertular Virus Ingat Pesan Ibu, Jangan Lupa Pakai Masker. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Epidemiolog dan dokter sudah menyarankan semua orang untuk memakai masker ketika mereka keluar rumah untuk menghindari penularan virus corona yang masih tinggi.

Masker adalah vaksin terbaik saat ini, sebelum vaksin yang tengah dikembangkan bisa diperjual belikan.

Advertisement

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak aware akan pentingnya masker ini. Atau ada juga yang sudah memakai masker, tapi dengan cara yang salah, sehingga manfaat dari pelindung masker itu menjadi berkurang.

BACA JUGA : Petugas Temukan Banyak Wisatawan Pakai Masker Asal

Lantas, apa saja kesalahan dalam memakai masker itu. Berikut seperti dilansir dari Times of India:

1. Masker wajah tidak menutupi hidung dan mulut Anda

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan orang adalah mengenakan masker yang hanya menutupi lubang hidung mereka. Ada dua masalah yang menyebabkan hal ini. Satu, karena Anda tidak memasang dengan benar sebagaimana mestinya dan kedua, karena  posisi masker turun tanpa sengaja. Ini tentu saja berisiko membuat Anda tertular segala jenis infeksi dan bakter. asker wajah atau penutup wajah yang baik harus selalu menutupi batang hidung dan mulut Anda dengan baik.

2. Memakai terbalik

?Jika Anda memeriksanya dengan cermat, masker Anda memiliki posisi khusus untuk  hidung (bagian berkabel di tengah masker medis). Setelah memakainya, tekan dengan kuat, sehingga membentuk hidung Anda. Masker wajah akan mempertahankan bentuknya, bahkan setelah Anda melepasnya.

3. Salah posisi

Masker medis atau masker bedah apa pun akan memiliki sisi dalam dan luar. Jangan salah menempatkannya. Jika Anda memakai masker ajah buatan sendiri, pastikan Anda tidak terus membalik sisi-sisinya. Ini karena sisi luar masker mungkin terkontaminasi dan saat Anda memakainya dari dalam ke luar, Anda bersentuhan dengan semua patogen yang terakumulasi di sisi luar.

4. Anda tetap menyentuh masker

Sekali lagi, Anda harus memperlakukan permukaan luar masker karena sudah terkontaminasi dan hindari menyentuhnya sepenuhnya. Jika Anda harus menyesuaikan kembali atau melepas topeng, pastikan untuk melakukannya, dengan menarik tali yang melekat padanya. Bagaimanapun, bersihkan tangan Anda dengan benar setelah menyentuh bagian mana pun dari masker dengan pembersih tangan berbasis alkohol atau cuci tangan Anda dengan benar.

5. Menggunakan kembali masker wajah yang kotor atau basah

Bergantung pada jenis masker atau penutup wajah yang Anda gunakan, penting untuk membersihkannya dengan benar atau mencucinya jika menggunakan masker kain. Jika Anda mengenakan masker kain, pastikan untuk mencucinya dengan air hangat dan deterjen hingga bersih dan keringkan di bawah sinar matahari.

Selain masker yang pas, juga penting agar masker tidak kotor atau basah. Masker basah kurang efektif melawan virus, sehingga membuat Anda dan orang lain yang dekat dengan Anda berisiko tertular infeksi

BACA JUGA :  Kesadaran Warga Sleman untuk Memakai Masker Tergolong 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ada 17 Ruas Jalan Kawasan Wisata Rusak di Gunungkidul

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement