Advertisement

Pelatihan Prakerja Bisa Dimanfaatkan untuk Buka Bisnis Baru, Begini Caranya

Newswire
Kamis, 17 September 2020 - 13:47 WIB
Nina Atmasari
Pelatihan Prakerja Bisa Dimanfaatkan untuk Buka Bisnis Baru, Begini Caranya Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebagai upaya menekan dampak Pandemi Covid-19, Pemerintah menyediakan program Kartu Prakerja kepada para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Lewat program ini, para korban PHK akan mendapatkan pelatihan secara online dan juga insentif.

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, pelatihan yang didapat dari program Kartu Prakerja harus dimanfaatkan untuk menambah kemampuan sehingga bisa mencari pemasukan baru. Termasuk juga jika ingin membuka usaha baru.

Advertisement

Baca juga: Ekonominya Membaik, 700 Ribu Lebih Keluarga Mengundurkan Diri dari Penerima Manfaat Program PKH

Salah satu skill yang bisa digunakan bagaimana cara memasarkan produk lewat digital. Karena saat ini, hampir semua bisnis mulai beralih ke arah digital.

"Jadi kalau menurutku skill yang paling utama yang harus kita kuasai adalah digital marketing," ujarnya, Kamis (17/9/2020).

Skill digital marketing ini sangat berguna bagi mereka yang ingin memulai bisnis. Apalagi bagi mereka yang ingin membuka usaha baru dengan menjadi reseller suatu produk.

Baca juga: Tak Pakai Masker, Sejumlah PNS di Kulonprogo Dihukum Menyapu & Menyiram Tanaman

"Kita bisa lakukan paling tidak enggak kosong sama sekali bisa menjadi reseller berbisnis kecil-kecilan," ucapnya.

Menurut Andi, skill digital marketing yang harus dipelajari dari pelatihan itu tidak perlu terlalu dalam. Yang penting dasar dari ilmu digital marketing ini bisa dipahami oleh peserta.

Sebagai contohnya, bagaimana membuat kata-kata jika ingin memasarkan produk lewat pesan singkat seperti Whatsapp. Atau juga bisa juga mempelajari cara bagaimana membuat postingan media sosial yang menarik dan bisa dilihat oleh orang banyak.

Atau jika belum memiliki keinginan untuk membuka usaha baru sendiri, bisa juga dengan menjual jasa. Seperti jasa untuk mendesain atau menjadi admin sosial media suatu produk.

"Dalam artian jangan berpikir repot-repot saya harus bisa mendesain atau membuat sebuah website. Enggak. Jadi gimana caranya texting WhatsApp yang menarik atau membuat sosial media yang menarik yang buat orang menjadi kepo. Itu kan skill yang layak kita miliki saat ini. Kalau orientasinya kita ingin memanfaatkan jasa," jelasnya.

Berita ini sudah ditayangkan di Okezone dengan judul Cara Manfaatkan Pelatihan Prakerja untuk Buka Bisnis Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Kamis, 25 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement