Uang Senilai Rp75.000 yang Diluncurkan BI Bergambar Soekarno-Hatta

Ilustrasi. - Freepik
17 Agustus 2020 06:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Pemerintah menerbitkan uang dengan nilai Rp75.000 di HUT Kemerekaan Indonesia kali ini.

Bank Indonesia (BI) akan meluncurkan uang khusus dalam rangka memperingati Kemerdekaan ke-75 Indonesia. Uang khusus tersebut akan disampaikan Senin 17 Agustus 2020.

Dari pantauan Okezone, uang berwarna merah putih tersebut memiliki nilai Rp75.000. Di mana dalam uang ada gambar Presiden IR Soekarno dan Wakil Presiden Drs Mohammad Hatta.

BACA JUGA: Geger Pesta Pernikahan di Gunungkidul, Pengantinnya Ternyata Positif Covid-19

Rencananya uang tersebut akan dirilis oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Acara peluncuran itu sebagian juga dilakukan secara virtual untuk para undangan. uang tersebut nantinya juga akan diserahkan secara simbolis kepada keluarga Proklamator secara virtual sebagai Token of Appreciation (ToA).

Mengutip data BI, Minggu (16/8/2020), Rupiah khusus ini adalah uang yang dikeluarkan secara khusus dalam rangka memperingati peristiwa tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Uang Rupiah khusus terdiri dari koin edisi khusus dan atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang.

Uang Rupiah khusus ini juga sebagai alat pembayaran yang sah, namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika (koleksi uang) di Indonesia.

Setiap edisi yang dikeluarkan dengan kemasan yang menarik dan unik sehingga sering dijadikan cenderamata.

Artikel ini telah tayang di Okezone.com berjudul "Uang Khusus Rp75.000, Siap Beredar di HUT RI Ke-75"

Sumber : Okezone.com