Gunung Sinabung Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 2.000 Meter

Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8/2020). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut. ANTARA FOTO - Sastrawan Ginting
13 Agustus 2020 15:07 WIB Aprianus Doni Tolok News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung kembali meningkat. Pada Kamis (13/8/2020) kembali terjadi erupsi pada pukul 13:08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.460 meter di atas permukaan laut.

Berdasarkan laporan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Baca juga: Loh, Palestina Tidak Ada di Google Maps dan Waze. Kok Bisa?

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18 mm dan durasi sekitar 20 menit 47 detik.

Dengan Tingkat Aktivitas Level III (Siaga) maka direkomendasikan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak gunung, radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Baca juga: Jadi Mentor Politik, Zulkifli Hasan Berikan Empat Pesan kepada Gibran

Kemudian, jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak buruk bagi kesehatan dan mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Sumber : Bisnis.com