Pasha Ungu Berambut Pirang, Mendagri Singgung Birokrat yang Punya Kode Etik

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. - Antara
31 Juli 2020 13:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Belum lama ini, Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu menyedot perhatian warganet karena rambutnya yang dicat pirang. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian tidak memberikan teguran secara langsung namun mantan Kapolri tersebyt hanya menilai pejabat negara sebaiknya bisa memberikan contoh yang baik kepada warganya.

Tito mengatakan, memang belum ada aturan yang mengatur soal warna rambut bagi pejabat negara. Meski begitu, sosok pejabat negara itu sebaiknya bisa bertindak laku seperti negarawan.

"Belum ada aturannya. Sebaiknya pejabat negara memberikan contoh etika yang baik dan bertindak negarawan, negarawan itu penampilan. Maka dulu di lembaga-lembaga pendidikan birokrat, IPDN, lalu Akabri, kita diajarkan memiliki penampilan baik," kata Tito di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (31/7/2020).

Mantan Kapolri tersebut memahami Pasha juga memiliki latar belakang seni. Akan tetapi ia mengingatkan apabila sudah menjadi pejabat negara, maka Pasha setidaknya bisa menempatkan diri antara seniman dan pelaku birokrat.

Baca Juga: Gaya Nyentrik Rambut Pasha Ungu, Dulu Skin Fade Dicibir, Kini Pirang Dipuji Keren

"Birokrat yang memiliki kode etik, kultur tersendiri sebagai birokrat dan jiwa birokrat sekarang lebih kental, tapi jiwa seniman enggak otomatis engak harus hilang. Tapi enggak artinya mengubah simbol atau penampilan rambut," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Pasha yang statusnya sebagai pejabat negara itu punya penampilan baru dengan rambutnya yang pirang.

Penampilan baru Pasha Ungu diungguh di akun Instagram milik Pasha sendiri, @pashaungu_vm. Pasha terlihat mengenakan baju dinas dan menyambut anggota DRPD Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Terima kasih banyak kami haturkan kunjungan sahabat-sahabat saya anggota DPRD kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan timur bapak Johan, Bapak Syuaib, Bapak Ma'ruf dan staf Bapak Adi. Semoga betah di Palu dalam kunkernya ya," tulis Pasha Ungu dalam keterangam fotonya, Selasa (28/7/2020).

"Silakan pilih mampir makan durian Palu yang ingin enak banget. Semoga ini jadi berkah, manfaat bagi kami masyarakat kota Palu Sulawesi Tengah, aminn.. #kunker," sambung suami Adelia Wilhelmina ini.

Sontak unggahan laki-laki 40 tahun itu dibanjiri komentar warganet. Banyak yang memuji penampilan baru Pasha Ungu.
"Idola banget dah pokoknya pak wakil walikota ini mah dari dulu sampe sekarang," komentar akun @bhogel2910.

"Pak Wali rock and roll. Mantap dindaku," ujar akun @ebithoo.

"Menghindari omongan negatif warga. Harusnya bisa bedain mana bertugas mana entertain bang. Kayaknya lagi rame gegara warna rambut ya? Hahaha, risiko orang ganteng!," komentar akun @rhino_gaban.

"Norak banget ich, rambut diwarna-warnain," timpal akun @epoy_cityzen.

Sumber : suara.com, Instagram