Pagi Ini, Presiden Jokowi Salat Id di Lapangan Terbuka, tapi Khusus Keluarga

Presiden Jokowi ketika menggelar Ratas Laporan Gugus Tugas Covid-19, 30 Maret 2020. - Ist/YouTube Sekretariat Presiden
31 Juli 2020 07:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melaksanakan Salat Iduladha bersama keluarganya di lapangan terbuka, dekat kediamannya Wisma Bayurini, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Pada Salat Idulfitri 1441 Hijriah yakni 24 Mei 2020 yang lalu, Jokowi dan keluarga menunaikan Salat Idulfitri di halaman depan Wisma Bayurini, Kompleks Istana Kepresidenan Bogor.

"[Salat Iduladha hari ini] Dilaksanakan di Bogor nanti dengan keluarga. Di kediaman beliau [Presiden], lapangan terbuka," ujar Heru saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (30/7/2020).

Heru menuturkan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Jokowi dalam menyambut Iduladha lantaran masih pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Salat Iduladha kata Heru juga dilakukan secara internal. "Tidak ada persiapan khusus juga. Salatnya juga intern," ucap dia.

Tak hanya itu, Heru menyebut Kepala Negara menyumbangkan satu ekor sapi untuk pelaksanaan kurban Idul Adha ke seluruh provinsi di Indonesia termasuk di Masjid Istiqlal

"[Pak Jokowi] Kurban nanti semua provinsi dan ke [masjid] Istiqlal juga. Masing-masing provinsi satu sapi. Di Istiqlal juga satu [ekor sapi]," tutur Heru.

Berat sapi yang akan dikurbankan kata Heru yakni antara 800 kilogram sampai 1 ton. Dirinya juga sudah berkomunikasi melalui video conference kepada gubernur terkait hal tersebut.

"Beratnya antara 800 kg sampai 900 kg atau satu ton. Dan kemarin minggu lalu, saya juga sudah vicon [Video conference] ke pak gubernur untuk disalurkan," ucap dia.

Puluhan sapi kurban Jokowi tersebut sudah disalurkan ke seluruh provinsi. "Semuanya sudah disalurkan. Disalurkan tiga hari lalu dan mungkin kemarin [Kamis] terakhir. Dari Senin kemarin, saya sudah sosialisasikan agar semuanya disalurkan. Ada yang Senin, Selasa dan Rabu. Terakhir hari Kamis," katanya.

Sumber : suara.com