Wawali Solo Sudah Negatif Covid-19, Ini Riwayat Perjalanannya

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)
28 Juli 2020 08:27 WIB Kurniawan News Share :

Harianjogja.com, SOLO -- Perjalanan kasus Covid-19 Wakil Wali Kota atau Wawali Solo Achmad Purnomo terbilang singkat. Purnomo dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil tes spesimen swab yang diambil pada 18 Juli.

Sehari sebelumnya, atau pada 17 Juli, Purnomo sudah menjalani tes swab dan hasilnya negatif. Lalu pada 18 Juli, Purnomo menjalani tes swab ulang.

Hasilnya keluar pada 23 Juli dan terkonfirmasi positif Covid-19. Purnomo langsung menjalani karantina mandiri sesuai anjuran Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo di paviliun belakang rumahnya.

BACA JUGA : Hasil Swab Wawali Solo Achmad Purnomo Negatif Covid-19

Perjalanan kasus Covid-19 Wawali Solo itu tak berhenti sampai di situ. Purnomo yang merasa tubuhnya sehat tanpa gangguan seperti demam, batuk, atau gejala lainnya dibuat penasaran.

Ia pun kemudian menjalani tes swab mandiri di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu Solo. Pengambilan sampel swab test ini dilakukan pada 24 Juli atau sehari setelah hasil tes swab yang diambil 18 Juli keluar dan positif.

Hasil tes swab di RS Kasih Ibu itu keluar dan diantarkan ke rumah Purnomo pada Senin (27/7/2020). Hasilnya, Wawali Solo itu dinyatakan negatif Covid-19.

Kendati sudah dinyatakan negatif, perjalanan kasus Covid-19 Wawali Solo itu belum berakhir sepenuhnya. Purnomo masih mnejalani isolasi mandiri di rumahnya di kawasan Laweyan, Solo.

Tes Terjadwal

Ia pun dijadwalkan menjalani tes swab lagi pada Selasa (28/7/2020) ini. Tes kali ini akan dilakukan tim dari DKK Solo yang bakal mendatangi Purnomo di rumah.

BACA JUGA : Wawali Purnomo Diduga Tertular Corona di Solo 

Namun, agenda tes swab oleh DKK Solo pada Selasa pagi merupakan agenda terjadwal, bukan karena adanya hasil swab dr RS Kasih Ibu yang menyatakan negatif Covid-19. “Kan dari swab yang 18 Juli ini sudah sepekan, jadi mau dites swab lagi,” papar dia.

Berikut perjalanan kasus Covid-19 Wawali Solo berdasarkan urutan waktu:

-17 Juli 2020: Purnomo menjalani tes swab oleh tim Dinkes di rumahnya. Hasil tes negatif Covid-19

-18 Jui 2020: Purnomo kembali menjalani tes swab oleh petugas Dinkes di rumahnya. Hasil positif Covid-19

-23 Juli 2020: Purnomo menerima hasil tes swab yang spesimennya diambil pada 18 Juli dan hasilnya menyatakan positif Covid-19. Hari itu juga Purnomo diminta isolasi mandiri.

-24 Juli 2020: Purnomo melakukan tes swab mandiri di RS Kasih Ibu Solo lantaran merasa penasaran divonis positif Covid-19 tapi kondisinya sehat dan bugar.

-27 Juli 2020: Hasil tes swab di RS Kasih Ibu keluar dan menyatakan Purnomo negatif Covid-19.

Sumber: Wawancara.

Sumber : JIBI/Solopos