Kulit Lutut dan Siku Berwarna Gelap? Cerahkan dengan Bahan-Bahan Alami Ini

Ilustrasi. - Freepik
27 Juli 2020 22:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Lutut dan siku merupakan bagian tubuh yang terdapat kerutan kulit. Kedua bagian tubuh ini merupakan bagian yang lebih sulit melakukan regenerasi dibandingkan dengan bagian lain.

Oleh karena itu, sebagian orang akan menemukan area tersebut lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Diperlukan usaha yang lebih untuk dapat memperbaiki kondisi kulit pada area-area ini. Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara memutihkan lutut dan siku.

Baca juga: 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Kram Perut karena Menstruasi

Cara yang paling aman dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar adalah dengan menggunakan bahan alami. Berikut beberapa bahan alami yang dapat menjadi pilihan Anda:

1. Kunyit

Melansir dari laman Healthline.com, salah satu studi Phytotherapy pada tahun 2012 menemukan bahwa kunyit menghambat aktivitas tirosinase.

Penghambatan ini membatasi proses sintesis melanin yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi.

Campurkan setengah sendok teh kunyit bubuk dan satu sendok makan madu. Aplikasikan ke area lutut dan siku dan diamkan selama 10 – 15 menit.

Setelah itu, bilas dan lembabkan lutut. Terapkan perawatan ini setidaknya 2 – 3 kali seminggu.

2. Lidah Buaya

Aloesin yang terdapat pada lidah buaya dipercaya dapat mengurangi kondisi hiperpigmentasi.

Melansir dari Brightside.me, lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit dan menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Tanaman satu ini juga memiliki sifat anti fungi dan anti bacteria yang baik untuk kulit.

Baca juga: Suka Makan Kulit Ayam? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Aplikasikan satu sendok makan gel lidah buaya di area lutuh. Usapkan secara lembut dengan tangan yang bersih dan bilas setelah didiamkan selama 10 – 15 menit.

Lakukan secara rutin setidaknya 2 – 3 kali seminggu.

3. Teh Hijau

Teh hijau juga merupakan bahan pemutih kulit alami yang cukup populer.

Melansir dari Healthline.com, hal tersebut disebabkan oleh senyawa utama yang terdapat di dalamnya, yakni epigallocatechin gallate (EGCG).

Sebuah studi menemukan bahwa EGCG dapat mencegah akumulasi melanin. Cara kerjanya ialah dengan menghambat tirosinase, yakni enzim utama yang dibutuhkan untuk membuat melanin.

Rendam sekantung teh hijau dalam satu gelas air panas. Kemudian biarkan hingga dingin dan celupkan kapas ke dalam teh tersebut. Peras kapas dan usapkan ke bagian lutut Anda.

Anda dapat menerapkannya sebanyak dua kali dalam satu hari.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan asam lemak esensial yang dapat membantu proses regenerasi kulit dan menyamarkan bercak hitam (dark spot).

Setelah mandi, usapkan minyak kelapa pada area lutut dan biarkan setidaknya selama 10 menit. Formula perawatan dengan minyak kelapa juga dapat ditambahkan dengan air lemon.

Bilas lutut setelahnya dan ulangi proses yang sama setiap hari sampai terdapat perubahan pada warna kulit Anda.

5. Mentimun

Melansir dari Medicaldaily.com, sifat bleaching yang dimiliki mentimun dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga permukaan kulit agar tetap lembab.

Mentimun kaya akan Vitamin A dan C yang menyehatkan kulit karena berperan menjaga kualitas kulit kita.

Usapkan irisan mentimun dengan lembut di area lutut dan biarkan residu mentimun menempel setidaknya 15 menit.

Anda dapat menambahkan air lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini, Anda dapat menghindari pemakaian bahan kimia berlebih.

Penggunaan bahan kimia yang berlebih juga dapat menjadi salah satu penyebab kulit kita menjadi tidak sehat.

Itu dia cara memutihkan lutut dan siku dengan bahan alami. Selamat mencoba!

Sumber : Suara.com