Advertisement

Merapi Menggembung, 26 Desa Penyangga Disiapkan

Newswire
Jum'at, 10 Juli 2020 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Merapi Menggembung, 26 Desa Penyangga Disiapkan Gunung Merapi mengalami erupsi Minggu (21/6/2020) pagi. - Ist/ twitter @BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN - Gunung Merapi diketahui sedang menggembung. Sebanyak 26 desa penyangga wilayah rawan terdampak erupsi Gunung Merapi di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) siap dioptimalkan. Puluhan desa penyangga itu tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Klaten.

Gunung Merapi menggembung dalam beberapa waktu terakhir. BPBD Klaten turut mencermati secara rutin terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang kini menggembung.

Advertisement

"Di Klaten juga sudah ada 26 desa penyangga. Desa-desa itu tersebar di lima kecamatan. Nantinya, satu desa di Kemalang dapat ditampung dua desa penyangga itu [jika terjadi erupsi Gunung Merapi]," kata Sekretaris BPBD Klaten, Nur Tjahjono Suharto, kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Kamis (9/7/2020).

BACA JUGA: Tol Jogja-Bawen Lewati 7 Desa dan 3 Kecamatan di Sleman, Ini Daftar Lengkapnya

Selain mengoptimalkan desa penyangga, BPBD Klaten juga mulai mendata jumlah penduduk di lereng Gunung Merapi. Warga desa seperti di Desa Balerante, Sidorejo, dan Tegalmulyo didata ulang oleh BPBD Klaten.

BPBD juga terlibat mempersiapkan jalur alternatif evakuasi dan pendataan daya tampung ketiga selter. Ketiga selter itu, yakni di Kebondalem Lor (Prambanan), Menden (Kebonarum), dan Demakijo (Karangnongko).

"Semoga, pendataan sudah rampung pekan depan," kata Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Simak Jadwal Pekan Suci 2024 Gereja Katolik di Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement