Advertisement

3 Menteri Ini Diprediksi Tetap Bertahan di Kabinet, Salah Satunya Prabowo

Newswire
Sabtu, 04 Juli 2020 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
3 Menteri Ini Diprediksi Tetap Bertahan di Kabinet, Salah Satunya Prabowo Kabinet Indonesia Maju. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Teguran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada sejumlah menterinya dalam rapat kabinet memunculkan isu reshuffle. 

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, menilai sulit menyebut nama menteri mana yang akan terkena reshuffle.

Advertisement

Menurutnya, parameter terkait menteri yang akan diganti atau dipertahankan sudah ada di kepala Jokowi. Pangi menyebut bahwa tiga nama menteri yakni Prabowo Subianto, Basuki Hadimuljono, dan Erick Thohir kemungkinan besar menjadi nama yang dipertahankan.

"Nama-nama itu bisa jadi ada dalam persepsi Jokowi. Nama-nama itu bisa jadi yang dipercaya Jokowi sebagai menteri dengan kinerja baik," kata Pangi ditulis Sabtu (4/7/2020).

Menurut Pangi, saat ini Jokowi membutuhkan menteri yang bisa membuat gebrakan. Namun yang terpenting pula adalah kinerja menteri bisa dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat.

"Jadi bukan sekadar populer tapi parameternya kinerjanya benar-benar dirasakan publik," kata Pangi.

Sekalipun begitu, Pangi menilai bahwa reshuffle adalah perkara mudah bagi presiden Jokowi. Sebagai kepala pemerintahan di periode terakhir, Jokowi dinilainya mesti tak punya beban untuk membongkar pasang kabinet.

"Yang jelas parameternya adalah kinerja, bukan letupan politik," kata Pangi.

Dia pun memandang menteri seperti Basuki atau Erick Thohir adalah menteri yang gebrakannya paling terasa.

"Nama-nama seperti Erick Thohir misalnya, bagus karena ada gebrakannya terasa dan kinerja yang diketahui publik. Namun lagi-lagi ada pula menteri lain yang mungkin tak populer tapi juga punya kinerja yang baik. Ada menteri yang gayanya bekerja dalam senyap," kata Pangi.

Sebelumnya pengamat politik Hendri Satrio juga menilai Prabowo, Basuki, dan Erick sebagai menteri yang diprediksi akan dipertahankan presiden.

"Kalau menurut saya yang bertahan itu Basuki karena dia simbol penjaga monumen Jokowi di bidang infrastruktur. Terus Erick Thohir juga saya rasa bertahan, gebrakan di BUMN-nya menurut saya disukai Jokowi. Pak Prabowo juga bertahan saya rasa," kata Hendri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement