Advertisement

Dokter Reisa: Salon Perlu Protokol Covid-19

Newswire
Minggu, 28 Juni 2020 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Dokter Reisa: Salon Perlu Protokol Covid-19 Ilustrasi salon. - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jasa salon seperti perawatan rambut dan kecantikan tetap harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, dokter Reisa Broto Asmoro, pada Sabtu (27/6/2020) menekankan bahwa jasa perawatan rambut dan kecantikan masuk dalam kategori berpotensi menularkan virus corona Sars-Cov-2 pemicu wabah Covid-19.

Advertisement

"Salon, barbershop atau tukang cukur rambut semua masuk kategori fasilitas umum tempat-tempat ini juga berpotensi menjadi tempat penularan Covid-19 karena menimbulkan kontak erat antara pemberi jasa pelayanan dan pelanggannya dan juga di beberapa tempat akan berpotensi menimbulkan kerumunan pelanggan. Untuk itu diperlukan sebuah pengaturan pencegahan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Reisa di BNPB.

Reisa menuturkan protokol kesehatan tersebut yakni menyediakan cairan penyuci tangan baik sabun atau handsanitizer di pintu masuk atau tempat yang mudah terjangkau pengunjung atau pelanggan. Para pengunjung juga wajib mencuci tangan dan dilakukan pemeriksaan suhu di pintu masuk.

"Kalau ditemukan pekerja atau pelanggan atau pengunjung dengan suhu diatas 37,3 derajat celcius dan sudah diperiksa sebanyak 2 kali dengan jarak 5 menit di antara pemeriksaan dan mereka memiliki gejala penyakit maka tidak diperkenankan masuk," ucap dia.

Tak hanya itu para pelaku usaha dan pekerja wajib menggunakan masker, alat pelindung diri atau faceshield serta alat lainnya.

"Sedangkan untuk pengunjung semuanya wajib menggunakan masker dan tidak boleh dilepas selama perawatan," kata Reisa.

Selanjutnya alat potong rambut tidak boleh digunakan secara bersamaan seperti handuk dan celemek. Namun jika digunakan secara berulang, harus dicuci atau diberikan cairan disinfektan.

Ia mengimbau pengelola jasa perawatan rambut dan perawatan kecantikan mengoptimalkan sirkulasi udara.


"Agar kualitas udara di tempat usaha atau tempat kerja dengan mengoptimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari masuk. Termasuk pembersihan filter AC dengan rutin," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal dan Tarif Bus DAMRI ke Bandara YIA Kulonprogo, Cek di Sini

Jogja
| Kamis, 02 Mei 2024, 04:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement