Advertisement

Riset Havard Menyebut Covid-19 Sudah Menyebar di Wuhan Sejak Agustus 2019

Nindya Aldila
Selasa, 09 Juni 2020 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
Riset Havard Menyebut Covid-19 Sudah Menyebar di Wuhan Sejak Agustus 2019 Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Covid-19 diperkirakan telah menyebar di Wuhan, China sejak Agustus 2019 menurut sebuah riset dari Harvard Medical School.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (9/6/2020), penelitian itu menggunakan gambar satelit beresolusi tinggi terhadap halaman parkir rumah sakit di Wuhan dan juga data mesin pencari terkait batuk dan diare pada akhir 2019.

Advertisement

"Meningkatnya lalu lintas rumah sakit dan data pencarian di Wuhan mendahului awal pandemi SARS-CoV-2 pada Desember 2019," seperti dikutip dari riset.

Meskipun belum dapat dikonfirmasi apakah peningkatan volume secara langsung terkait dengan virus baru, penulis meyakini riset ini mendukung karya terbaru lainnya yang menunjukkan bahwa kemunculan terjadi sebelum identifikasi di pasar makanan laut Huanan.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa temuan ini menguatkan hipotesis bahwa virus muncul secara alami di China selatan dan sudah beredar pada saat klaster infeksi pertama terjadi di Wuhan.

"Pada Agustus kami mengidentifikasi adanya peningkatan unik pada pencarian [kata kunci] diare yang tidak muncul pada musim flu sebelumnya atau tercermin pada pencarian [kata kunci] batuk," seperti ditulis dalam penelitian.

The Guardian melaporkan, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menolak untuk mengomentari hal ini lantaran belum membaca hasil studinya.

“Saya rasa ini tidak masuk akal, bahkan betul-betul tidak masuk akal dengan menggambarkan kesimpulan berdasarkan pengamatan superfisial seperti volume lalu lintas."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soal Pembebasan Lahan untuk IKN dan PSN, AHY: Tidak Boleh Asal Gusur

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement