Advertisement

Lebih dari 10.000 Orang Sembuh dari Corona. Apa Obatnya?

Newswire
Selasa, 09 Juni 2020 - 08:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lebih dari 10.000 Orang Sembuh dari Corona. Apa Obatnya? Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Jumlah pasien yang sembuh dari Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia terus meningkat.

Tercatat, pasien sembuh di Indonesia tertanggal 8 Juni 2020, sudah mencapai angka 10.904. Ada peningkatan sebanyak 406 orang yang sembuh sehari sebelumnya.

Advertisement

Penambahan jumlah pasien yang mengalami kesembuhan tersebut jauh lebih tinggi ketimbang yang meninggal. Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, total ada 1.883 orang yang meninggal. Hingga 8 Juni 2020, ada kenaikan angka 32 orang yang meninggal.

Sejumlah rumah sakit juga mulai mengalami peningkatan angka pasien yang sembuh dalam beberapa hari terakhir. Meskipun hingga kini belum ada vaksin di dunia yang dapat menangani virus Corona, lantas apa resep atau obat ryang diminum pasien agar bisa sembuh dari Covid-19?

Anggota Dewan Pertimbangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zaenal Abidin mengaku tidak mengetahui persis obat apa yang bisa menyembuhkan pasien Covid-19. Setahu dia, banyak pasien yang dirawat diberikan obat simptomatik.

Selain obat simptomatik, pasien juga disebut Zaenal, kerap diberikan perbaikan asupan gizi hingga perbaikan kekebalam tubuh selama dilakukan perawatan di rumah sakit.

"Setahu saya pasien diberi obat simptomatik, perbaiki kekebalan tubuhnya, perbaiki asupan gizi, beri vitamin dan lain-lain," ungkap Zaenal saat dikonfirmasi Okezone, Selasa (9/6/2020).

Berdasarkan hasil penelusuran, obat simptomatik hanyalah obat pereda gejala. Simptomatik biasa digunakan untuk meredakan gejala umum dari suatu penyakit seperti sakit kepala, demam, mual-mual, diare, ataupun nyeri.

Obat simptomatik disebut-sebut hanya sebatas untuk mengatasi gejala. Tapi, obat itu tidak bisa menyembuhkan penyebab dasar penyakitnya.

Zaenal mengaku tidak mengetahui persis obat khusus yang diberikan dokter spesialis terhadap pasien yang memiliki penyakit komorbid (penyakit bawaan) ataupun penyakit berat lainnya. Sebab, ia tidak terjun langsung dalam menangani pasien Covid-19.

"Bisa tanya ke dokter paru atau dokter lain yang merawat pasien Covid-19," pungkasnya.

Berita ini sudah tayang di Okezone.com dengan judul Pasien Sembuh Corona Tembus 10 Ribu, Apa Obatnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement