Advertisement

Survei: Hanya 9,1% Responden yang Akan Pakai Dana Kartu Prakerja untuk Pelatihan

Newswire
Kamis, 23 April 2020 - 07:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Survei: Hanya 9,1% Responden yang Akan Pakai Dana Kartu Prakerja untuk Pelatihan Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). - Antarafoto/Moch Asim

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Masyarakat belum menanggapi positif soal program pemerintah terkait pelatihan yang didapatkan melalui Kartu Prakerja pada saat pandemi Corona. Gambaran tersebut terlihat dari hasil survei yang dilakukan Lembaga KedaiKopi.

Merunut pada survei yang dilakukan lembaga tersebut, hasilnya hanya 9,1% dari 22 responden yang menggunakan dana dari Kartu Prakerja untuk mengikuti pelatihan.

Advertisement

Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Wibowo memaparkan, dari 405 responden yang terlibat hanya 1,2% mengaku terdaftar sebagai pemilik kartu Prakerja dan 4,5% responden sedang mendaftar. Sedangkan, 96,3% responden lainnya menjawab tidak sedang mendaftar.

Kemudian responden yang menjawab sudah dan sedang mendaftar Kartu Prakerja itu kembali diajukan pertanyaan penggunaan dana yang diberikan dari kartu Prakerja. Sebanyak 22 responden kembali diajukan pertanyakan tersebut.

"Itu hanya 1,2 [persen] responden yang bilang iya dan yang sedang mendaftar 4,5 persen," kata Kunto dalam sebuah diskusi melalui telekonferensi, Rabu (22/4/2020).

Hasilnya, 50% responden memilih jawaban mencari pekerjaan baru dan 13,6% memilih menggunakan dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Lalu sebanyak 9,1% menjawab dana Kartu Prakerja akan digunakan untuk mengikuti pelatihan, 4,6% memilih untuk dijadikan modal usaha dan 22,7% responden memilih jawab belum tahu.

Sebagaimana diketahui, program Kartu Prakerja dikeluarkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Masyarakat yang memiliki kartu Prakerja itu akan mendapatkan pelatihan secara daring melalui platform-platform yang dipilih sesuai minat.

Jika berhasil mendaftar, maka pemilik kartu Prakerja akan mendapatkan dana sebesar Rp3.550.000 untuk membeli beragam pelatihan yang sudah disediakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement