Hari Kartini Saat Pandemi Corona, Tak Ada Perayaan di Sekolah, Medsos Ramai Foto Perempuan Berkebaya dan Bermasker

Tangkapan layar di twitter ucapan Hari Kartini. - Ist/dok
21 April 2020 09:57 WIB Mia Chitra Dinisari News Share :

Bisnis.com, JAKARTA - Perayaan hari Kartini yang jatuh hari ini, Selasa 21 April 2020 menjadi sedikit berbeda dari biasanya.

Tahun-tahun sebelumnya hari Kartini menjadi salah satu hari yang disambut dengan perayaan yang cukup meriah.

Di sekolah-sekolah, lingkungan kerja setiap hari kartini selalu digelar acara khusus dimana siswa, guru dan pekerja memakai pakaian adat tradisional.

Beragam lombapun digelar. Termasuk lomba pakaian adat ini. Biasanya, aktvitas sekolah hanya akan diisi dengan acara khusus hari kartini, dan kegiatan belajar ditiadakan.

Orang tua murid pun tak kalah ikut repot. Mulai dari bangun pagi, menyiapkan pakaian adat anak-anaknya, hingga mendadaninya.

Tapi, hal itu tak ada lagi hari ini. Menyusul kebijakan belajar dan bekerja dari rumah, kegiatan di sekolah ditiadakan. 

Otomatis, perayaan rutin tahunan hari Kartini pun menghilang. Banyak dari orang tua murid yang justru merindukannya. Bunga misalnya, salah satu orang tua murid yang mengaku merasa kehilangan momen perayaan hari kartini itu.

Menurutnya, biasanya momen kartini dijadikan sebagai silaturahmi juga antar orang tua murid dan mendekatkan murid antar kelas yang biasanya jarang terjadi.

Perayaan Kartini kini lebih semarak di media sosial. Bahkan, di twitter menjadi trending topik dengan sebanyak 37.000 cuitan berkaitan dengan Hari Kartini diungkapkan penggunanya.

Beberapa di antaranya mengungkapkan agar perempuan Indonesia menjadi lebih kuat di era pandemi ini, ketika harus menghadapi kebijakan di rumah aja yang pastinya membuat kesibukan mereka kian bertambah.

Bersama dengan ucapan tersebut, disertakan pula foto perempuan berkebaya dengan mengenakan masker.

Sumber : Bisnis.com