Advertisement

Sidang Isbat Ramadan 2020 Digelar Kamis Pekan Depan

Devi Sri Mulyani
Kamis, 16 April 2020 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sidang Isbat Ramadan 2020 Digelar Kamis Pekan Depan Sesi pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1440 H (2019) secara hisab oleh Tim Falakiyah Kementerian Agama di Auditorium HM Rasjidi - @Kemenag_RI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA Lembaga Islam tanah air beserta Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (penentuan) untuk menentukan kapan Bulan Ramadan 1441 H dimulai.

Bila pada Ramadan sebelumnya sidang Isbat berlangsung semarak, tidak demikian dengan tahun ini. Pandemi virus Corona penyebab Covid-19 menjadi peyebabnya. Sidang pun akan dilakukan dengan cara teleconference pada Kamis (23/4/2020) minggu depan.

Advertisement

Adalah Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Kamaruddin Amin,  yang menginfokan waktu dan cara dalam sidang isbat Ramadan 2020 ini.

Informasi yang dihimpun Bisnis pada Kamis (16/4/2020), Kamaruddin mengungkapkan jika seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, pihaknya menghindari adanya kerumunan.

“Sidang isbat akan memanfaatkan teknologi teleconference sehingga peserta dan media tidak perlu hadir di Kementerian Agama. Masyarakat juga dapat menyaksikan proses isbat nanti melalui live streaming website dan media sosial Kementerian Agama," Ujar Kamaruddin.

Sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, paparan posisi hilal awal Ramadan 1441H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya. Paparan ini akan disiarkan secara langsung melalui website dan medsos Kemenag. 

Setelah Magrib, sidang isbat digelar secara tertutup. Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam. Sidang diawali dengan pembacaan laporan olah Direktur Urusan Agama Islam tentang hasil rukyatul hilal dari seluruh Indonesia.

“Para tokoh ormas yang diundang, bisa mengikuti dan berdialog dalam proses sidang ini melalui meeting room online yang akan dibagikan tautan, ID, dan password-nya.” tambah Kamaruddin.

Selanjutnya hasil sidang isbat, akan diumumkan secara terbuka oleh Menag melalui telekonferensi pers. Sehingga, media tidak perlu hadir di kantor Kementerian Agama.

Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat untuk penetapan awal Ramadan 1441H/2020M pada hari Kamis, 23 April 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Transformasi Digital UMKM, Diskominfo DIY Gelar Pelatihan E-Business

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement