Tangani Covid-19, Indonesia Terima Bantuan dari Korea

Ilustrasi - Petugas dari PMI Kota Batam ketik melakukan penyemprotan cairan desinfektan ke kendaraan mitra Grab Kota Batam pada Jumat (3/4/2020). - Bisnis/Bobi Bani.
08 April 2020 20:47 WIB Nindya Aldila News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Korea Selatan memberikan bantuan berupa 300 alat penyemprot kepada Indonesia untuk mendukung upaya mencegah penyebaran virus Corona penyebab Covid-19.

Duta Besar Korea Selatan di Indonesia Kim Cham Beom mengungkapkan bahwa bantuan ini diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia untuk melawan Covid-19.

Bantuan tersebut berupa 300 unit rechargeable battery powered sprayer atau alat penyemprot yang diserahkan kepada Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dalam hal ini Badan Nasional Penanggunalangan Bencana (BNPB).

“Mungkin jumlahnya hanya 300, tetapi hati dan pikiran kami melebihi itu,” katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu (8/4/2020).

Untuk bantuan selanjutnya, Korea Selatan juga telah menyediakan anggaran US$500.000. Bantuan akan diberikan dalam bentuk alat tes Covid-19 yakni Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dapat digunakan oleh petugas medis di Indonesia.

Pemberian bantuan ini juga menjadi tanda kerja sama yang baik antara kedua negara. Kim mengungkapkan komitmennya untuk berupaya bersama Indonesia membantu petugas medis untuk mengatasi tantangan Covid-19 dengan cepat.

“Indonesia dan Korea Selatan adalah teman sejati. Teman sejati adalah teman sejati dan teman sehati. Teman sejati adalah yang tetap di samping saat suka dan duka,”

Harmensyah, Sekretaris Utama BNPB mengungkapkan Indonesia masih membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak internasional baik dalam bentuk alat bantuan seperti alat pelindung diri (APD) dan ventilator.

“Kami mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Korea Selatan. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan segera kami didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia