Polisi Temukan Lokasi Pembuatan Miras Oplosan di Gunungkidul

Ilustrasi. - Antara
01 Maret 2020 16:27 WIB Muhammad Nadhir Attamimi News Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Jajaran Satresnarkoba Polres Gunungkidul menggelar razia keamanan dan ketertiban masyarakat pada Jumat (28/2/2020) lalu. Alhasil, polisi berhasil menemukan salah satu lokasi pembuatan minuman keras (miras) opolosan di Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong yang diduga milik warga setempat berinisial S.

"Saat keliling razia dan kami dapat informasi bahwa di tempat itu ada tempat pengoplosan, jadi kita ke rumahnya dan menjumpai barang-barang bekas untuk oplos minuman," kata Kasat Resnarkoba Polres Gunungkidul AKP Tri Wibowo kepada Harian Jogja pada Minggu (1/3/2020).

Namun, saat merazia rumah tersebut, sang pemilik yang diduga merupakan warga sekitar sudah tidak berada di tempat. Pihaknya hanya menemukan barang bukti berupa barang bukti bekas-bekas bahan pembuatan miras oplosan yang ditinggalkan berserakan di dalam rumah tersebut. "Kita kan razia sudah masif sejak minggu lalu, nah informasinya itu Minggu lalu juga pemilik sudah kabur, dengar-dengar ke Jakarta," paparnya.

Tri tak menampik akan melakukan penyelidikan lebih lanjut, walaupun pemilik sudah kabur sebelum dirazia. "Kita lidik terus, kita akan cari orang-orang yang membuat, nanti kita matangkan dengan gelar perkara, saksi-saksi sudah kita interogasi," ujarnya.

Menurut Tri, minuman keras dan obat-obatan terlarang kerap kali menjadi pemicu hadirnya kejahatan-kejahatan jalanan. Sehingga, melalui instruksi pimpinan, pihaknya akan terus melakukan razia guna memberantas perbuatan masyarakat yang berdampak pada hal tersebut.

Kasubbag Humas Polres Gunungkidul IPTU Enny Nur Widihastuti melalui keterangan resminya mengungkapkan razia tersebut dilaksanakan guna menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman masyarakat Gunungkidul, terlebih menjelang Pilkada 2020. "Satresnarkoba akan terus melakukan penyedilidikan temuan lokasi pengoplosan miras tersebut," ujarnya.

--