KPU: Pers Berperan Penting Meningkatkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu

Media massa, jurnalis, pers, wartawan - Ilustrasi
20 Februari 2020 09:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menilai bahwa pers berperan penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemiliu.

"Pers berperan besar dalam meningkatkan partisipasi pemilu," kata Anggota KPU RI Ilham Saputra pada coffee morning yang diselenggarakan KPU Sulut, di Manado, Rabu (19/2/2020). 

Ia mengatakan, tingkat partisipasi pemilih di Sulut pada pemilu lalu 83,9% jauh diatas standar yang ditetapkan 77,5%. "Untuk itu media berperan penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih," katanya.

Ia mengatakan meminta bantuan teman-teman pers dalam menciptakan situasi kondusif. "Kalau ada masalah silakan konfirmasi kepada KPU Sulut atau KPU kabupaten, kota bersangkutan. Ada masalah, isu-isu silakan bertanya," katanya.

Ilham mengatakan pada Pemilu 2019, hoax mengganggu sekali. "Untuk membendung hoaks itu, meminta bantuan kepada rekan-rekan pers, untuk konfirmasi kepada KPU sebagai penyelenggara pemilu terkait dengan isu-isu pilkada," katanya.

Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan tingkat partisipasi Pemilih pada pemilu 2019 di daerah itu capai 83,9%. "Ini berkat dukungan teman-teman media yang memberikan informasi pendidikan politik dan hal-hal lain tentang kepemiluan kepada masyarakat," katanya.

Sumber : Antara