Jokowi Beberkan Pertemuan Terakhirnya dengan Gus Sholah

03 Februari 2020 10:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melayat ke rumah almarhum Gus Sholah atau Salahuddin Wahid di rumah duka, Mampang, Jakarta Selatan, Senin (3/2/2020) pagi.

Pantauan Suara.com, Jokowi datang bersama rombongan menteri mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala KSP Moeldoko, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi sekitar pukul 07.30 WIB, dia menggunakan kemeja putih dan bersepatu sneakers.

Tampak pula Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto bersama mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Setibanya di rumah duka, mereka langsung masuk dan melakukan sholat jenazah Gus Sholah.

"Saya atas nama pemerintah negara dan seluruh masyarakat indonesia menyampaikan duka cita yang mendlam atas berpulangnya ke rahmatullah bapak KH. Dr. Ir. Salahuddin Wahid, Gus Sholah, tadi malam jam 8.55 di Rumah Sakit Harapan Kita," kata Jokowi.

Jokowi bercerita, dirinya terakhir bertemu dengan Gus Sholah di Istana, saat itu mereka berdiskusi banyak hal mengenai keagamaan dan kebangsaan.

"Terakhir saya bertemu beliau di istana, sebelumnya di Jombang, Tebu Ireng. Intinya ya beliau banyak menyampaikan mengenai keislaman, keindonesiaan. Saya kira yang berkaitan dengan Islam dan kebangsaan itu yang sering beliau sampaikan kepada saya," ucap Jokowi.

Sementara Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah hadir terlebih dahulu sekitar pukul 05.45 WIB bersama istrinya Wury Estu.

Diketahui, Gus Sholah, adik Presiden keempat RI Gus Dur, wafat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020) 20.55 WIB.

Pria kelahiran Jombang, Jawa Timur, 11 September 1942 itu dikenal sebagai seorang aktivis, ulama, politikus, dan tokoh pembela hak asasi manusia (HAM) di Indonesia.

Gus Sholah pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998, dan juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM.

Bersama kandidat presiden Wiranto, Gus Sholah mencalonkan diri sebagai kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004, namun kalah di babak pertama karena menempati peringkat ketiga.

Gus Sholah sudah disemayamkan di rumah duka sejak semalam, rencananya ia akan diterbangkan ke Jombang lewat Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta pukul 09.00 WIB dan dimakamkan di samping makam Gus Dur di kompleks pemakaman keluarga di Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020) 16.00 WIB.

Sumber : Suara.com