Advertisement

Wiski Berusia 55 Tahun Dijual Rp374 Juta per Botol

Dika Irawan
Kamis, 30 Januari 2020 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Wiski Berusia 55 Tahun Dijual Rp374 Juta per Botol Wiski Yamazaki - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANDUNG-- Suntory Holdings Jepang meluncurkan wiski jenis single malt edisi terbatas, Yamazaki, yang berusia 55 tahun, Kamis (23/1/2020). Wiski itu akan akan dijual seharga 3 juta yen atau Rp374 juta per botol.

Perusahaan tersebut menyatakan, hanya 100 botol yang akan dijual mulai 30 Juni mendatang. Adapun pembeli akan dipilih secara lotere.

Mengutip Reuters, Kamis (30/1/2020), Suntory dan pembuat wiski premium lainnya dihadapkan pada persediaan wiski yang sudah menipis setelah lonjakan yang tak terduga dalam popularitas single malt dalam dekade terakhir. Single malt adalah jenis wiski yang tidak dicampur dengan malt (jelai berkecambah) lainnya .

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Dalam hal ini, banyak perusahaan yang beralih ke wiski campuran tanpa pernyataan umur untuk mengelola persediaan.

Perusahaan tersebut, misalnya, mengakhiri penjualan Hibiki 17-tahun yang populer, yang muncul dalam film Lost in Translation, pada 2018.

Dalam beberapa tahun terakhir, Suntory telah mengeluarkan lebih banyak wiski campuran tanpa keterangan usia, mereka juga telah bergantung pada penjualan yang kuat pada wiski highballs yang jauh lebih murah untuk pertumbuhan bisnis. Banyak penggemar wiski masih mencari wiski malt tua.

Kengo Torii, kepala divisi wiski Suntory, mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan reputasinya sebagai produsen wiski premium. "Kami khawatir bahwa kami tidak dapat memberikan sesuatu yang baru untuk waktu yang lama mengenai merek Yamazaki," katanya.

Edisi ini akan menjadi versi tertua Yamazaki, single malt andalan Suntory yang diproduksi di penyulingan wiski malt pertama Jepang di Osaka.

Kepala Pencampuran Suntory, Shinji Fukuyo, menggambarkan rasanya manis dan berkayu, dengan aroma buah yang matang dan menyisakan rasa setelah dicicipi.

Advertisement

Perusahaan itu pada 2005 menjual edisi terbatas Yamazaki yang berusia 50 tahun dengan harga 1 juta yen. Salah satunya dilelang oleh Bonhams di Hong Kong pada 2018 dengan harga 2,695 juta dolar Hong Kong.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

13 Guguran Lava Merapi Terjadi Dalam Sepekan

Sleman
| Sabtu, 24 September 2022, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendekar Roti Kolmbeng Terakhir di Jogja

Wisata
| Sabtu, 24 September 2022, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement