Advertisement

Tenaga Manusia Diganti Robot? Begini Kata Luhut ...

Newswire
Kamis, 30 Januari 2020 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tenaga Manusia Diganti Robot? Begini Kata Luhut ...

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai kemajuan teknologi sudah banyak menggantikan manusia untuk bekerja atau tenaga manusia digantikan robot.

Berbeda dengan Bahlil, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ancaman robotik belum besar. Menurutnya, tenaga kerja Indonesia hanya butuh training alias pelatihan keterampilan saja.

Advertisement

"Belum sampai situ kok. Ya tapi kita harus training," kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Menurutnya selama ini memang ada yang salah dengan sumber daya manusia di Indonesia. Masalahnya adalah Indonesia kekurangan lembaga pendidikan vokasional yang berkualitas.

"Memang salah kita selama ini. Berpuluh tahun kita nggak punya politeknik yang berkualitas," kata Luhut.

Nyatanya, memang kini banyak pekerjaan yang sudah digantikan oleh teknologi. Sebut saja perbankan, kini mau mengambil uang bahkan menyimpan uang pun bisa lewat mesin ATM. Padahal, dahulu hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh para pegawai bank.

BKPM sendiri mencatat, Indonesia berhasil menyerap investasi senilai Rp809,6 triliun sepanjang 2019. Namun itu hanya mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi 1.033.835 orang.

Sebelumnya pun Bahlil heran mengapa investasi sebesar itu hanya mampu menyerap tenaga kerja sebesar satu jutaan orang saja. Dia menyebut hal tersebut disebabkan oleh kemajuan teknologi yang menggeser pekerjaan manusia.

"Itu kemajuan teknologi. Dan ini tidak bisa kita hindari hal ini, bahwa tenaga kerja manusia sekarang sudah banyak digantikan oleh teknologi. Jadi kenapa kemudian investasi Rp809,6 triliun itu hanya mampu menyerap tenaga kerja kurang lebih 1,1 juta," kata Bahlil dalam Konferensi Pers di kantornya, Jakarta Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement