Pria Terinfeksi Corona Ditemukan di Jerman, Orang-Orang yang Berkontak dengan Pasien Diberitahu

Pekerja dari Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mendisinfeksi area perumahan setelah wabah virus Corona, di Ruichang, Provinsi Jiangxi, China, pada Sabtu (25/1 - 2020). / Reuters
28 Januari 2020 12:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Untuk pertama kalinya, kasus corona sampai ke Jerman.

Seperti dilansir Channel News Asia dan CNN, Selasa (28/1/2020), kasus pertama virus corona ini dikonfirmasi oleh otoritas Jerman pada Senin (27/1) tengah malam waktu setempat.

"Seorang pria di wilayah Starnberg telah terinfeksi dengan virus corona baru," demikian pernyataan Kementerian Kesehatan Bavaria di Munich.

Tidak disebutkan lebih lanjut soal detail bagaimana pasien itu terinfeksi. Identitas, usia maupun asal kewarganegaraan itu juga tidak diungkap ke publik. Hanya disebutkan bahwa pasien itu dikarantina dan sedang menjalani perawatan medis. Disebutkan juga bahwa pasien itu 'dalam kondisi baik secara medis'.

"Orang-orang yang melakukan kontak dengannya [pasien terinfeksi virus corona] telah diberitahu secara detail soal kemungkinan gejala, langkah-langkah higienis yang bisa dilakukan dan cara-cara penularan yang bisa terjadi," imbuh Kementerian Kesehatan Bavaria dalam pernyataannya.

Ditambahkan Kementerian Kesehatan Bavaria bahwa risiko penularan virus corona di Bavaria saat ini tergolong rendah.

Otoritas Jerman telah mengimbau warganya untuk menghindari perjalanan yang 'tidak diperlukan' ke China di tengah wabah virus corona. Jerman juga tengah mempertimbangkan evakuasi terhadap warganya yang ada di kota Wuhan -- asal-muasal virus corona.

Sumber : detik.com