Dari Anak Sampai Besan, Ini Daftar Keluarga Jokowi yang Maju Pilkada 2020

Presiden Joko Widodo di Kotalama, Semarang. - Antara
13 Januari 2020 20:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Sejumlah keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal maju di Pilkada tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, ada empat anggota keluarga Jokowi yang siap bertarung di arena politik.

Mereka adalah anak sulung Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka, sang menantu yakni Bobby Nasution, ipar Jokowi Wahyu Purwanto hingga besan Jokowi yakni Doli Sinomba Siregar.

Berikut Suara.com berhasil merangkum profil lengkap keempat anggota keluarga Jokowi yang siap berkompetisi di Pilkada 2020.

1. Gibran Rakabuming Raka
Pria kelahiran Solo, 1 Oktober 1987 ini telah mantap untuk mengikuti Pemilihan Wali Kota Solo 2020. Sejak lahir hingga lulus SMP, Gibran menghabiskan waktunya di kota kelahirannya itu sehingga ia merasa mengetahui betul seluk beluk Kota Solo.

Setelah lulus SMP, Gibran melanjutkan sekolah di Orchid Park Secondary School, Singapura. Kemudian ia melanjutkan studi di Management Development Institute of Singapore hingga menamatkan pendidikan di University of Technology Insearch, Sydney Australia pada 2010.

Meski sang ayah, Jokowi memiliki jabatan penting mulai dari Wali Kota Solo hingga Presiden RI, hal itu tak membuat Gibran berpangku tangan. Ia memilih merintis usaha catering Chili Pari sepulang dari Australia pada 2010.

Ayah dua anak itu didapuk sebagai Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo. Ia melebarkan sayap bisnisnya dengan bekerja sama dengan sang adik, Kaesang Pangarep mendirikan kedai martabak Markobar, Goola, bisnis makanan ringan Siap Mas! hingga mendirikan rumah makan Mangkok Ku yang menggandeng chef Arnold Purnomo.

Tak berhenti di situ, Gibran mencoba peruntungan di dunia reparasi produk Apple dengan nama iColor. Bersama sang adik, Gibran juga membuat brand jas hujan yang diberi nama Tugas Negara bos!.

Sejak memutuskan untuk ikut dalam Pilkada 2020, Gibran mulai menyibukkan diri dengan blusukan ke daerah-daerah. Strategi ini sama seperti yang digunakan oleh Jokowi saat mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2014 silam.

2. Bobby Nasution
Tak hanya puta sulung Jokowi yang ingin menjajaki dunia politik, menantu Jokowi yakni Bobby Nasution juga tak ingin ketinggalan. Suami dari anak kedua Jokowi Kahiyang Ayu itu mantap maju di Pemilihan Wali Kota Medan, Sumatera Utara dengan mencari dukungan PDIP dan Golkar.

Pemilik nama lengkap Bobby Afif Nasution ini merupakan anak dari eks Direktur PT Perkebunan Nusantara (Persero) Erwin Nasution dan Ade Hanifiah. Pria kelahiran Medan, 5 Juli 1991 ini resmi menikahi Kahiyang pada 8 November 2017 lalu.

Setelah menamatkan sekolah di Bandar Lampung, Bobby melanjutkan studi di Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB. Saat berusia 20 tahun, Bobby mulai menjajal bisnis properti.

Usahanya dimulai dengan merenovasi rumah untuk dijual kembali. Setelah sukses ia masuk dalam proyek Malioboro City di Yogyakarta.

Dengan pengalaman di dunia properti itu, ia diangkat menjadi Direktur Marketing di perusahaan properti Takke Group pada 2016. Bahkan, ia memiliki saham di perusahaan tersebut sebesar 10 hingga 20 persen.

3. Wahyu Purwanto
Suami dari adik kandung Jokowi, Wahyu Purwanto mengaku telah mantap mengikuti Pemilihan Bupati Gunungkidul. Mantan rektor Universitas Gunungkidul ini mengaku sangat mencintai wilayah tersebut.

Wahyu Purwanto pernah mengenyam pendidikan jurusan Teknik Agrikulturan di Universitas Gadjah Mada pada 1985. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan di ITB dengan mengambil jurusan Teknik Industri.

Tak puas sampai disitu, Wahyu melanjutkan pendidikan S3 di Ehime University Jepang dengan mengambil jurusan Bioproduction System.

Wahyu mendirikan Jogjakarta Institute for Educational Research pada 2015 dan masih terus aktif hingga sekarang. Institut tersebut didirikan untuk meningkatkaan kkapabilitas sumber daya manusia dan produktivitas dalam pendidikan.

4. Doli Sinomba Siregar
Doli Sinomba Siregar adalah paman kandung dari Bobby Nasution. Ia telah mendeklarasikan untuk maju dalam Pemilihan Bupati Tapanuli Selatan dengan mendaftarkan melalui Golkar, PPP, PDIP, dan Hanura.

Nama Doli Sinomba Siregar sendiri tak asing di dunia sepak bola. Pada pertengahan 2019 kemarin, Doli mencalonkan diri sebagai Wakil Ketua Umum PSSI 2020-2024 mendampingi Rahim Soekasah. Ia juga sempat menjadi pengurus PSMS Medan pada 2000-2018.

Disaat yang bersamaan, pria yang lahir pada 21 Maret 1958 ini juga mendaftarkan diri sebagai kandidat calon Wakil Gubernur Sumatera Utara namun gagal. Pada Pemilu 2019 ia juga mendaftarkan sebagai caleg DPR RI dari Partai Golkar untuk dapil Sumatera Utara 2.

Sumber : Suara.com