Advertisement

BMKG: 1-7 Januari, Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sejumlah Wilayah, Jogja Salah Satunya

Newswire
Kamis, 02 Januari 2020 - 10:17 WIB
Bhekti Suryani
BMKG: 1-7 Januari, Cuaca Ekstrem Diprediksi Melanda Sejumlah Wilayah, Jogja Salah Satunya Ilustrasi hujan. - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Cuaca ekstrem diprediksi melanda sejumlah wilayah di Indonesia termasuk DIY, dalam beberapa hari ke depan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya indikasi potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah di Indonesia dalam sepekan ke depan.

Advertisement

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo mengatakan, kondisi tersebut dipicu oleh adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal.

"Aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia, terbentuknya pola konvergensi dan terjadinya perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah," kata Mulyono dalam keterangannya, Rabu (1/1/2020).

Selain itu, kata dia, suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat sehingga menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan, serta diperkuat dengan adanya fenomena gelombang atmosfer yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

"BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ektrem, curah hujan dengan intensitas lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah," tuturnya.

Kata dia, ada beberapa daerah yang akan berpotensi cuaca ekstrem pada tanggal 1 hingga tanggal 4 Januari 2020, yaitu Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua.

Lalu, kata dia, pada tanggal 5 hingga 7 Januari 2020 akan terjadi di wilayah Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, Papua.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

"Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Padi Sleman Awal Tahun Ini Menurun, Palawija Relatif Stabil

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 15:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement